get app
inews
Aa Read Next : Timnas Indonesia vs Timnas Korsel Piala Asia U-23 2024, Bacawalkot Banjar Atet Handiyana Gelar Nobar

Sumur Siluman di Kota Banjar, Airnya Tetap Melimpah Meski Kemarau Panjang

Jum'at, 20 Oktober 2023 | 14:44 WIB
header img
Sumur Siluman di Kota Banjar, airnya tetap melimpah meski kemarau panjang. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Budiana Martin

BANJAR, iNewsCiamisRaya.id Sumur Siluman di Kota Banjar memiliki cerita yang menarik. Konon, Sumur Siluman ini memiliki kekuatan magis yang menjaga suplai airnya tetap berlimpah. Bangunan ini terletak di halaman Kantor Kecamatan Purwaharja dan memiliki keunikan karena airnya tidak pernah surut atau kering, bahkan saat kemarau panjang.

Sumur Siluman ini telah dimanfaatkan oleh warga sekitar sejak awal dibangun, dan masih digunakan hingga saat ini untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari. Selain itu, sumber air dari sumur ini juga sering digunakan untuk mendistribusikan air bersih ke wilayah lain saat musim kemarau tiba.

Menurut Lurah Purwaharja Hendi Sumantri, Sumur Siluman ini diberi nama berdasarkan wilayah sekitarnya yang dulunya bernama kampung Siluman.

Sumur Siluman sudah ada sejak tahun 1940 dan pada saat itu, Kelurahan Purwaharja masih bernama Desa Siluman dan termasuk dalam wilayah Kecamatan Cisaga, Kabupaten Ciamis.

Sumur Siluman memiliki diameter sekitar 3 meter dan kedalaman sekitar 15 meter. Bangunan ini memang cukup unik karena airnya tidak pernah kering dan masih terus dimanfaatkan oleh warga hingga saat ini.

Keberadaan Sumur Siluman yang memiliki sumber air yang tak pernah surut atau kering ini tentu menjadi berkah bagi masyarakat sekitar. Mereka dapat mengandalkan sumur ini untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari mereka.

"Mau musim kemarau panjang pun sumur ini tidak pernah kering dan masih selalu dimanfaatkan oleh warga hingga sekarang,"kata Hendi, Jumat (20/10/2023).

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut