get app
inews
Aa Read Next : Shin Tae-yong Ungkap Pemain yang Bakal Absen di Laga Timnas Indonesia vs Timnas Vietnam di Hanoi

Jika Timnas Indonesia Menang atas Turkmenistan dan Brunei, 6 Negara Ini Bakal Turun di Ranking FIFA

Jum'at, 28 Juli 2023 | 17:52 WIB
header img
6 negara yang digeser Timnas Indonesia di ranking FIFA jika menang atas Turkmenistan dan Brunei. Foto: Aldi Chandra/MPI

JAKARTA, iNewsCiamisRaya.id – Ada 6 negara yang akan digeser Timnas Indonesia di ranking FIFA jika menang dalam pertandingan dengan Turkmenistan dan Brunei Darussalam menarik untuk diulas.

Jika Timnas Indonesia berhasil meraih kemenangan dalam tiga pertandingan melawan Turkmenistan dan Brunei Darussalam pada September dan Oktober 2023, Timnas Indonesia memiliki potensi untuk naik enam peringkat dalam ranking FIFA.

Pada pertengahan September 2023, Timnas Indonesia akan menjamu Turkmenistan di Stadion Gelora Bung Tomo. Lalu Timnas Indonesia akan menghadapi Brunei Darussalam di babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada 12 dan 17 Oktober 2023.

Berdasarkan perhitungan, kalau Timnas Indonesia menang pada tiga laga tersebut di atas, skuad Garuda akan meraup 23,13 poin di ranking FIFA. Kemenangan atas Turkmenistan dihargai 5,41 poin, sedangkan dua kemenangan atas Brunei (17,72 poin).

Jika hal itu terjadi, maka poin FIFA Timnas Indonesia bakal bergeser dari awalnya 1,047.46 poin menjadi 1,070.59. Kondisi itu membuat Timnas Indonesia bisa naik enam level dari peringkat 150 ke 144 dunia.

Penasaran, negara mana saja yang berpotensi tergeser jika Timnas Indonesia meraih kemenangan atas Turkmenistan dan Brunei Darussalam? Simak ulasan berikut ini.

6 Negara yang Digeser Timnas Indonesia di Ranking FIFA

1. Hong Kong


 

Hong Kong  saat ini berada di peringkat 149 dunia dengan 1,049.79 poin. Hong Kong memiliki potensi untuk naik beberapa peringkat jika mereka berhasil meraih dua kemenangan melawan Bhutan di babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia yang berlangsung Oktober 2023. Tambahan yang akan diperoleh Hong Kong 17 poin.

Tambahan poin tersebut membuat koleksi Hong Kong menjadi 1,066.79 angka. Hanya saja di FIFA Matchday September 2023, Hong Kong berpotensi kehilangan banyak poin, mengingat kerap kali memilih lawan yang levelnya di atas mereka.

2. Liberia


 

Liberia kini bertengger di peringkat 148 dunia dengan 1,049.94 angka. Liberia akan berhadapan dengan tim kuat, Maroko yang merupakan tim peringkat empat Piala Dunia 2022, dalam Kualifikasi Piala Afrika 2023. Jika kalah dalam pertandingan ini, Liberia berpotensi kehilangan dua poin di ranking FIFA.

3. Bostwana


 

Bostwana saat ini menduduki peringkat 147 dunia dengan 1,054.31 angka. Bostwana akan bermain tandang ke markas Tunisia, salah satu tim terkuat Afrika. Jika kalah dalam pertandingan ini, Bostwana berpotensi untuk turun peringkat.

4. Eswatini


 

Selanjutnya Eswatini, tim asal Afrika ini berada di posisi 146 dunia dengan 1,058.19 angka. Eswatini akan bertandang ke markas Burkina Faso dalam Kualifikasi Piala Afrika 2023. Jika kalah di laga tersebut, Eswatini berpotensi kehilangan lima poin di ranking FIFA. Sehingga, posisi Eswatini bakal dilewati Timnas Indonesia.

5. St Kitts and Nevis

Kemudian ada St Kitts and Nevis yang berada di peringkat 145 dunia dengan 1,066.81 angka. St Kitts and Nevis akan bermain empat pertandingan dalam periode September dan Oktober 2023. Negara anggota zona CONCACAF ini berlaga di lanjutan CONCACAF Nations League 2023-2024.

Jika negara Keith Kayamba Gumbs terus mengalami tren negatif dengan kalah dalam beberapa pertandingan terakhir, mereka berpotensi turun peringkat.

6. Lithuania


 

Terakhir adalah Lithuania yang berada di posisi 144 dunia dengan 1,069.97 angka. Lithuania akan bermain empat pertandingan dalam periode September dan Oktober 2023 dalam Kualifikasi Piala Eropa 2024. Lithuania akan bertanding dengan Montenegro, Serbia dan Hungaria, serta tandang ke markas Bulgaria.

Jika Lithuania gagal dalam pertandingan-pertandingan tersebut, peluang Timnas Indonesia naik ke posisi 144 dunia dalam ranking FIFA akan sangat besar.

Namun, perlu diingat bahwa peringkat FIFA dapat berubah setiap bulannya tergantung pada hasil pertandingan dan performa tim-tim nasional lainnya di seluruh dunia. Hasil aktual dari pertandingan-pertandingan tersebut akan menentukan perubahan peringkat Timnas Indonesia dan negara-negara lainnya dalam ranking FIFA.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut