get app
inews
Aa Read Next : Minum di Pagi Hari, 6 Jus Sayur Ini Cepat Turunkan Kolesterol

8 Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi, Cegah Gangguan Kesehatan Serius

Jum'at, 09 Juni 2023 | 09:44 WIB
header img
Olahraga merupakan salah satu cara mengatasi kolesterol tinggi. Foto: Freepik

JAKARTA, iNewsCiamisRaya.id Kolesterol tinggi berdampak buruk bagi kesehatan. Tetapi seringkali orang tidak sadar jika ia memiliki kolesterol tinggi.

Bahaya kolesterol tinggi dapat muncul karena sering melakukan kebiasaan buruk, seperti mengonsumsi makanan berlemak dan jarang melakukan berolahraga.

Saat kolesterol jahat (LDL) tinggi, jika tidak segera ditangani maka akan berisiko lebih tinggi terkena penyakit jantung dan stroke. Maka dari itu, segera kendalikan dengan cara mengurangi kolesterol LDL jahat dan meningkatkan kolesterol HDL si kolesterol baik.

Suzanne Steinbaum, DO, Ahli Jantung di Lenox Hill Hospital, New York menjelaskan, mengurangi kolesterol dalam tubuh sebetulnya hanya dengan melakukan perubahan sederhana dalam gaya hidup.

“Saat Anda mengadopsi perubahan gaya hidup, semuanya mulai berubah. Ada peningkatan yang bisa dilihat pada 6 minggu, dan sering kali meningkat (lebih baik) dalam 3 bulan,” kata dokter Suzanne, dikutip dari Mayo Clinic.

Lantas, bagaimana cara untuk mengurangi kolesterol? Menghimpun National Health Service UK, Mayo Clinic, dan Web MD, yang sudah ditinjau Carol DerSarkissian, MD, berikut paparan cara mengurangi kolesterol.

Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi

1. Olahraga

Gerak aktif sehari-hari sangat penting, dokter Sarah Samaan, MD, ahli jantung di Texas mengatakan berolahraga setidaknya 2 1/2 jam dalam seminggu sudah cukup untuk meningkatkan HDL. Pilih olahraga yang disukai, atau lakukan yang ringan dan menyenangkan seperti berjalan kaki, renang dan bersepeda.

2. Kurangi berat badan

Tak perlu langsung drastis, menurunkan 4,5 kilogram saja kita sudah bisa mengurangi kolesterol jahat sampai 8 persen. Target yang masuk akal dan aman adalah menurunkan berat badan 0,4 hingga 0,9 kilogram per pekan dan dilakukan terus dari waktu ke waktu.

3. Makan ikan

Coba makan ikan dua sampai empat kali dalam seminggu. Ikan yang mengandung lemak omega-3 dalam ikan tidak hanya menyehatkan jantung, tetapi juga bantu menurunkan kolesterol karena mengurangi paparan lemak jenuh, yang banyak di daging merah. Pilih ikan salmon, sarden, dan tuna sirip biru.

4. Makan serat

Makanan seperti oatmeal, apel, plum, dan kacang-kacangan kaya akan serat larut, yang mencegah tubuh menyerap kolesterol. Makan lebih banyak serat juga membuat perut kenyang lebih lama, mencegah keinginan untuk ngemil. Tingkatkan asupan serat pelan-pelan, karena kalau terlalu banyak bisa bikin perut kembung.

5. Kurangi konsumsi gula

Kurangi konsumsi gula bisa mengurangi kolesterol tinggi. Sebab jika konsumsi gula berlebihan maka mendorong hati memproduksi lebih banyak kolesterol jahat (LDL). Konsumsi gula yang banyak juga menurunkan kadar kolesterol baik (HDL) sekaligus menghambat enzim pemecah kolesterol trigliserida. Oleh karena itu kurangi minum-minuman manis.

6. Beralih ke minyak zaitun

Mengganti butter dan minyak kelapa dengan minyak zaitun bisa mengurangi kolesterol LDL sebanyak 15 persen loh! Lemak "baik" dalam minyak zaitun bermanfaat bagi jantung, tapi ingat pilih extra virgin olive oil yang mengandung lebih banyak antioksidan.

7. Kelola stres sebisa mungkin

Stres jangka panjang dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida. Ini terjadi karena saat stres hormon kortisol dan adrenalin naik. Oleh karena itu, belajar mengelola stres dengan baik sangat penting dilakukan.

8. Kurangi konsumsi minuman beralkohol

Sering minum-minuman keras alias alkohol menyebabkan beragam masalah kesehatan. Minum alkohol malah meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL). Jika berlebihan bisa berbahaya bagi kesehatan jantung.

Demikianlah ulasan mengenai cara mengatasi kolesterol tinggi untuk mencegah gangguan kesehatan yang lebih serius. Semoga bermanfaat.

Artikel ini telah diterbitkan di halaman OKezone dengan judul "8 Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi, Salah Satunya Makan Ikan!"

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut