get app
inews
Aa Read Next : Joel Kojo Bomber Kirgistan Bantu Timnas Indonesia Lolos 16 Besar Piala Asia 2023, Ini Profilnya 

Profil Ataa Jaber, Pemain Naturalisasi Eks Kapten Timnas Israel yang Perkuat Palestina Vs Indonesia

Rabu, 07 Juni 2023 | 08:58 WIB
header img
Ataa Jaber, Pemain Naturalisasi Eks Kapten Timnas Israel. Foto: Instagram

JAKARTA, iNewsCiamisRaya.id – Profil pemain naturalisasi eks kapten Timnas Israel U-21, Ataa Jaber,  yang akan perkuat laga Timnas Palestina vs Timnas Indonesia di FIFA Matchday Juni 2023 menarik untuk dibahas.

Ataa Jaber akan mewakili negara Palestina, hal tersebut telah terkonfirmasi berdasarkan laporan Football Palestine, Federasi Sepakbola Palestina (PFA). Gelandang milik klub Azerbaijan, Neftchi Baku, tersebut telah mendapat dokumen peralihan kewarganegaraan yang diterima FIFA.

Selanjutnya, Ataa Jaber yang mantan kapten Timnas Israel U-21 itu akan segera memperkuat Al Fida’i -julukan Timnas Palestina.

Bahkan, Football Palestine melaporkan otoritas Palestina telah mengeluarkan dokumen perjalanan Ataa Jaber untuk melakukan debut di Timnas Palestina paling cepat Juni 2023 ini. Itu artinya, gelandang 28 tahun tersebut kemungkinan akan diturunkan saat Palestina menghadapi Timnas Indonesia dan Cina di FIFA Matchday Juni 2023.

 

“Mantan kapten tim Israel U-21 itu akan bergabung dengan Al-Fida'i untuk pertandingan persahabatan bulan Juni melawan Indonesia dan China,’’ tulis laporan Football Palestine, dikutip Rabu (7/6/2023).

Dengan begitu, mantan kapten Timnas Israel U-21 tersebut akan perkuat Timnas Palestina untuk hadapi Timnas Indonesia di FIFA Matchday Juni 2023. Sesuai jadwal, duel kedua tim bakal dilangsungkan di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, pada Rabu 14 Juni 2023.

Timbul pertanyaan, siapa sosok Ataa Jaber yang akan perkuat Palestina kontra Timnas Indonesia di FIFA Matchday Juni 2023 itu? Melansir dari Transfermarkt, Ataa Jaber lahir di Majd al-Krum, Israel, pada 3 Oktober 1994.

Ataa Jaber diketahui terlahir dari keluarga Muslim. Eks kapten Timnas Israel U-21 itu memiliki tinggi badan 1,8 meter. Dia berposisi sebagai gelandang bertahan untuk klub Azerbaijan, Neftchi Baku.

Ataa Jaber memulai karier profesionalnya dengan memperkuat klub Israel Maccabi Haifa U-19. Kemudian, eks kapten Timnas Israel U-21 itu naik level memperkuat Maccabi Haifa senior selama lima musim (2012-2017).

 

Namun, Ataa Jaber sempat dipinjamkan ke klub lain Israel, yakni Bnei Sakhnin pada 2015. Kemudian, pemain 28 tahun itu hijrah membela Bnei Sakhnin selama periode 2017-2021 dan gabung FC Ashdod pada musim 2021-2022.

Ingin terus melebarkan sayapnya, Ataa Jaber kemudian hijrah ke luar negeri dengan memperkuat Neftchi Baku di Liga Azerbaijan 2022-2023. Bersama Neftchi Baku, Ataa Jaber sukses mencetak 6 gol dan 6 assist dalam 37 pertandingan.

Bahkan, Ataa Jaber berhasil membawa Neftchi Baku finis di urutan ketiga klasemen Liga Azerbaijan 2022-2023 dengan koleksi 68 poin, terpaut 22 poin dari Qarabaq sebagai juara. Kendati begitu, posisi tersebut sudah cukup membawa Neftchi Baku lolos ke pentas Eropa, yakni kualifikasi putaran kedua Liga Konferensi Eropa 2023-2024.

Artikel ini telah diterbitkan di halaman OKezone dengan judul "Profil Ataa Jaber, Mantan Kapten Timnas Israel yang Perkuat Palestina Kontra Timnas Indonesia di FIFA Matchday Juni 2023"

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut