get app
inews
Aa Read Next : Cerita Gunung Kawi yang Terkenal sebagai Tempat Pesugihan

Inilah 5 Gunung Dianggap Suci yang Diungkap Arkeolog, Jadi Acuan Kerajaan Bangun Istana 

Kamis, 16 Maret 2023 | 18:05 WIB
header img
Keindahan Gunung Kelud. Foto: oysteinlundandersen.com

3. Gunung Kelud

"(Kerajaan) Jenggala dan Panjalu menggunakan Kelud, kalau masa (Kerajaan) Kediri juga menghadap ke Kelud," katanya.

Menurutnya, beberapa peninggalan Kerajaan Kediri menghadap ke arah Gunung Kelud. Bangunan seperti Gua Selomangleng dan Candi Klotok di Kota Kediri, Situs Brumbung di Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri, hingga Candi Klotok yang diidentikkan peninggalan era Kediri, teridentifikasi menghadap ke Gunung Kelud.

"Kalau masa Kediri diambil Kelud, tinggalan beberapa kayak (candi) Penataran ke Kelud, yang terbaru kita ngambil Gua Selomangleng juga ke Kelud. Kalau yang di Sumberbeji mengarah ke Kelud," katanya.

"Candi-candi di daerah Kediri juga mengarah ke Kelud, yang saya tangani Petirtaan Geneng, Situs Brumbung, itu juga mengarah ke Kelud. Jadi mungkin pada masa era Kedirian, Kelud menjadi arah kosmis pusat sakral," kata dia.

4. Gunung Penanggungan

Gunung Penanggungan juga menjadi arah acuan Kerajaan Majapahit dalam mendirikan bangunannya. Beberapa situs yang telah ditemukan, termasuk kawasan cagar budaya Trowulan dan yang terbaru di Situs Kumitir, baru diekskavasi juga menghadap ke arah Gunung Penanggungan.

"Dari masing-masing sebaran tinggalan arkeologis yang di utara sampai selatan Mojokerto itu mengarah ke Penanggungan jadi mengikuti derajatnya," tuturnya.

5. Gunung Semeru

Sementara itu, satu kompleks permukiman yang ada di Dusun Sekaran, Desa Sekarpuro, Kecamatan Pakis, teridentifikasi menghadap ke arah Gunung Semeru. Namun diakui, masing-masing raja di kerajaan saat itu terkadang memiliki keyakinan terkait titik kosmologi dan titik kesakralan.

Demikianlah penjelasan yang diungkap arkeolog mengenai lima gunung yang dianggap suci dan dijadikan acuan kerajaan saat membangun istana.  

Artikel ini telah tayang di iNews.id dengan judul " Arkeolog Ungkap 5 Gunung yang Dianggap Suci, Ternyata Jadi Acuan Kerajaan Bangun Istana "

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut