get app
inews
Aa Read Next : 82 Rumah di Ciamis Rusak Terdampak Gempa Garut M 6,5

Gawat! Seismolog Perkirakan Gempa di Atas M7 Akan Guncang Turki Lagi Dalam Waktu Dekat

Jum'at, 10 Februari 2023 | 11:27 WIB
header img
Seismolog memperkirakan Turki akan diguncang gempa bermagnitudo di atas 7 dalam waktu dekat. Foto: Reuters

ANKARA, iNewsCiamisRaya.id – Negara Turki berada di wilayah rawan akan gempa tektonik. Beberapa kali Turki pernah diguncang gempa, termasuk yang terbesar pada 1939, 1999, dan terbaru 2023 ini.

Korban jiwa yang ditimbulkan oleh ketiga gempa bumi tersebut masing-masing menelan korban meninggal belasan ribu bahkan lebih dari 100.000.

Bahkan gempa yang terbaru terjadi dua kali pada Senin (6/2/2023), dengan kekuatan dahsyat, yakni yang pertama bermagnitudo 7,8 dan kedua 7,7, hanya berselang sekitar 9 jam.

Merujuk data Kementerian Kesehatan jumlah korban tewas gempa Turki tembus 17.000 orang, tepatnya 17.406, hingga Jumat (10/2/2023) pagi WIB. Angka tersebut melampaui jumlah korban tewas akibat gempa bermagnitudo 7,4 di Izmit, Turki, pada 1999.

Namun ternyata diprediksi dua gempa dahsyat tersebut bukan akhir dari bencana gempa besar Turki. Seismolog Dogan Perincek, dalam wawancara dengan RIA News memperingatkan, gempa bermagnitudo di atas 7 lainnya bisa saja terjadi dalam waktu dekat. Perincek menyebutkan, potensi gempa besar itu terjadi di Turki bagian barat yakni di Laut Marmara.

Menurut dia, gempa besar berpotensi terjadi setiap sekitar 250 tahun sekali yakni di wilayah sekitar Kota Canakkale. Gempa terakhir di wilayah itu, kata dia, terjadi 287 tahun lalu. Ini artinya waktu siklus gempa sudah dekat.

“Selama 10 hari terakhir, saya mencatat peningkatan aktivitas seismik di Canakkale dari arah Laut Marmara. Saya melakukan pemantauan harian dan menganalisis aktivitas seismik di negara tersebut menggunakan peta khusus selama lebih dari 10 tahun. Selama 3 tahun ini, saya telah memprediksi gempa bumi di Canakkale,” katanya.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Ciamisraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut