get app
inews
Aa Read Next : Daftar 13 Negara yang Melarang Warganya Main TikTok, Ini Alasannya!

Toadzilla, Monster Katak Terbesar dengan Berat 2,7 Kilogram Ditemukan di Hutan Australia

Minggu, 22 Januari 2023 | 18:56 WIB
header img
Petugas Taman Nasional Conway menunjukkan monster katak terbesar yang dijuluki Toadzilla yang ditemukan di hutan hujan negara bagian Queensland, Australia. Foto: Reuters

CANBERRA, iNewsCiamisRaya.id – Toadzilla, monster katak terbesar yang ditemukan di hujan Taman Nasional Conway, negara bagian Queensland, Australia. Ditemukan pada 12 Januari 2023, Toadzilla ini memiliki berat 6 pon atau sekitar 2,7 kilogram.

Toadzilla merupakan spesies katak tebu yang invasif dan memiliki kelenjar beracun. Berguna untuk mengendalikan kumbang tebu dan hama lainnya, katak tebu pertama kali diperkenalkan ke Australia pada tahun 1935.

Karena tidak ada predator alami, populasi katak tebu ini meledak, sehingga mengancam ekosistem Australia. Katak tebu ini seperti monster karena memiliki ukuran tubuh yang besar dan bentuk yang mengerikan.

Petugas penjaga taman nasional Conway, Kylee Gray, menemukan katak tebu terbesar ketika berpatroli. Dia menemukan ketika menghentikan kendaraan saat ada ular melintas di jalan, ketika keluar malah menemukan katak tebu berukuran besar.

Gray dan rekan-rekannya dengan cepat menangkap amfibi yang sangat besar itu untuk dikeluarkan dari alam liar. “Saya mengulurkan tangan dan meraih katak tebu dan tidak percaya betapa besar dan beratnya itu,” kata Gray dikutip SINDOnews dari laman The New York Post, Sabtu (21/1/2023).

Gray mengatakan itu adalah penemuan yang tak terduga. Apalagi setelah ditimbang beratnya mencapai 6 pon atau melebihi berat katak terbesar dari Swedia yang tercatat Guinness World Records pada tahun 1991 dengan berat 5,8 lbs atau 2,6 kilogram.

“Kami mempertimbangkan menamai Connie-nya dengan nama Taman Nasional Conway,” kata Gray. Berdasarkan ukurannya, katak raksasa itu kemungkinan betina yang sudah tua.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Ciamisraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut