Logo Network
Network

Unik, Pulau di Australia yang Dihuni Orang Jawa, Berbahasa Inggris Dialek Indonesia

Nurul Amanah
.
Selasa, 29 November 2022 | 16:15 WIB
Unik, Pulau di Australia yang Dihuni Orang Jawa, Berbahasa Inggris Dialek Indonesia
Mengenal Cocos Keeling Islands di Australia. Foto: iStock

JAKARTA, iNewsCiamisRaya.id Pulau Cocos Keeling, namanya terdengar cukup unik dan asing. Pulau ini terletak di Australia.

Uniknya lagi, jika singgah di pulau ini, Anda akan bertemu dengan orang Jawa. Cocos Keeling adalah kepulauan kecil yang berada di sebelah selatan Pulau Jawa di Samudra Hindia, dan 2.800 km dari Perth, Australia, terletak sekitar 1.000 km dari Jakarta

Sejak 1955 Cocos (Keeling) Islands masuk dalam teritorial negara Australia yang sebelumnya dikuasai oleh Inggris dan Srilanka. Pulau ini dihuni sekitar 600-an penduduk.

Pada 2010, jumlah penduduknya diperkirakan hanya lebih dari 600 jiwa. Populasi di dua pulau berpenghuni umumnya terbagi antara etnis eropa di West Island (populasi 120) dan etnis Melayu/javanese di Home Island (populasi 500).

Di pulau ini, masyarakatnya berbahasa Inggris yang bercampur dengan dialek bahasa Indonesia, bahasa yang mereka pergunakan sehari-hari. Sebanyak 80 persen dari penduduk Kepulauan Cocos (keeling) adalah Muslim Sunni.

Penduduk Pulau Cocos mempunyai ikatan yang unik dengan Indonesia. Sinetron Indonesia disiarkan di program TV yang dimiliki oleh masyarakat di sana.

Follow Berita iNews Ciamisraya di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini