get app
inews
Aa Read Next : Manfaat dan Efek Samping Minum Air Kelapa, Hati-Hati Bagi Penderita Ginjal

Sering Merasa Capek? Kenali 6 Penyebabnya, Salah Satunya Mendengkur saat Tidur

Jum'at, 06 Januari 2023 | 17:28 WIB
header img
Merasa capek. Foto: Blocks of life

JAKARTA, iNewsCiamisRaya.id – Sering merasa capek kadang dihubungkan degan kondisi kurang tidur dan bekerja terlalu keras. Tetapi, sering merasa capek bisa disebabkan oleh banyak faktor.

Terkadang rasa capek tak kunjung hilang, padahal sudah cukup tidur. Alhasil, orang bingung dan bertanya-tanya, mengapa tubuhnya sering merasa lelah.

Inilah beberapa alasan yang membuat tubuh sering merasa lelah, seperti yang dijelaskan di bawah ini oleh Dr Sufyan Hassain dari King's College. Berikut ulasan penyebab tubuh sering merasa capek, sebagaimana dilansir Daily Mail. Simak yuk!

Penyebab Sering Merasa Capek

1. Mendengkur

Pertama, penyebab sering merasa capek yaitu mendengkur saat tidur. Mendengkur Terjadi ketika dinding tenggorokan menyempit saat tidur dan menghalangi saluran udara masuk ke dalam tubuh. Ini membuat kondisi tubuh di pagi hari bisa merasa lelah. Mendengkur biasanya sering dialami oleh seseorang yang obesitas, tidur telentang, merokok serta minum alkohol. Mendengkur bisa membuat tidur kita tidak cukup sehat karena mencegah tubuh beristirahat dengan benar selama tidur nyenyak dan memberi tekanan ekstra pada organ tubuh kita.

2. Konsumsi Kafein

Kedua, penyebab sering merasa capek adalah mengonsumsi kafein. Teh dan kopi adalah minuman yang sering diminum saat bekerja dan bersantai. Kopi bisa menjadi obat penawar sore hari jika kita merasa lelah dan kehilangan motivasi, tetapi juga dapat menghilangkan kualitas tidur malam.

Dalam suatu studi tahun 2013, para ilmuwan menemukan orang yang mengonsumsi kopi, teh, atau minuman energi enam jam sebelum tidur, akan tidur selama satu jam lebih sedikit. Kafein membuat reseptor yang meningkatkan tidur di otak (reseptor adenosin) terhambat bekerja dan penelitian pada tahun 2015 menunjukkan bahwa kafein juga dapat menunda waktu jam tubuh internal manusia.

Kafein juga bisa membuat tubuh lebih lelah dengan cara lain yaitu setelah efeknya hilang, tubuh mungkin mengalami penumpukan adenosin dan menurut penelitian jika minum kopi dengan pemanis tambahan, bisa menyebabkan kadar glukosa darah, yang menyebabkan penurunan gula yang baik.

3. Dehidrasi

Selanjutnya, dehidrasi salah satu penyebab sering merasa capek. Dehidrasi juga bisa membuat tubuh merasa lelah. Hal itu ditunjukkan dalam sebuah studi 2019 yang dilakukan para peneliti dari Universitas Peking, China dengan melihat efek dehidrasi parah pada kekuatan otak dan suasana hati.

Sebanyak 20 orang peserta tidak boleh minum air selama satu setengah hari. Tim kemudian memantau suasana hati peserta sebelum dan sesudah kekurangan air, para ilmuwan dari Universitas Peking itu menemukan orang yang mengalami dehidrasi merasa dua kali lebih lelah.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Ciamisraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut