get app
inews
Aa Read Next : Warga Geram, 3 Tersangka Pembunuhan Indriana Disoraki saat Akan Rekonstruksi di TKP Kota Banjar

Mengenal Polwan Pawang Anjing Pelacak Polda Jabar, Tangguh di Lokasi Gempa Cianjur

Rabu, 30 November 2022 | 06:28 WIB
header img
Bripda Indah Saraswati Dhuha, anggota Unit K9 Polsatwa Ditsamapta Polda Jabar saat bertugas di lokasi gempa Cianjur. Foto: Humas Polda Jabar

Di lapangan, ujar Kombes Pol Ibrahim Tompo, terbilang cerdas karena mampu membantu tugas kepolisian dengan hasil membanggakan. Salah satunya adalah melacak keberadaan korban bencana alam gempa, longsor dan lain-lain.

"Bahkan ia telah berhasil menemukan korban yang tertimpa reruntuhan atau tertimbun tanah seperti  yang terjadi sekarang ini," ujar Kombes Pol Ibrahim Tompo.

Kabid Humas Polda Jabar menuturkan, salah satu penyebab hewan tersebut dapat bekerja dengan baik karena sistem pengasuhan, pelatihan, dan pemeliharaan yang baik dari para personel Dit Samapta, khususnya Bripda Indah Saraswati Dhuha.

"Dia (Bripda Indah Saraswati Dhuha) sang pawang dan anjing pelacak Igor ini dilatih khusus untuk mencarian orang hilang akibat bencana alam. Igor sang anjing memiliki ritual khusus yaitu dirangsang dengan bau sintetis untuk memancing instingnya sebelum operasi pencarian korban dilakukan," tuturnya.

Dengan keuletan sang pawang Bripda Indah Saraswati Dhuha, kata Komes Pol Ibrahim Tompo, Igor selalu siap bertugas. "Setiap bertugas, pawang membawa perlengkapan sang anjing seperti perbekalan air, makanan anjing dan P3K sebagai antisipasi apabila terjadi sesuatu pada si Igor," ucap Kombes Pol Ibrahim Tompo.

Artikel ini telah tayang di jabar.inews.id dengan judul " Mengenal Polwan Pawang K9 Polda Jabar Tak Kenal Lelah di Lokasi Gempa Cianjur "

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut