get app
inews
Aa Read Next : Prakiraan Cuaca Hari Ini untuk Wilayah Tasikmalaya dan Sekitarnya, Jumat 3 Mei 2024

Pembalap Sepeda Nasional Dominasi Event Lodaya-Siliwangi Ride 2023 Tasikmalaya-Pangandaran

Minggu, 05 November 2023 | 11:57 WIB
header img
Pembalap sepeda nasional dominasi event Lodaya-Siliwangi Ride 2023 Tasikmalaya-Pangandaran. Foto: Dok Humas Polda Jabar

PANGANDARAN, iNewsCiamisRaya.id - Sejumlah pembalap sepeda nasional mendominasi event "Lodaya-Siliwangi Ride 2023" Tasikmalaya-Pangandaran sejauh 174 km, Sabtu (4/11/2023).

Di kelas paling bergengsi, Man Open, pembalap Muhammad Abdurrohman (Mula Cycling Team) menyabet juara pertama dengan waktu tempuh 4:03:32:394. Di urutan kedua Jamal Hibatullah (Dr J Cycling Team) 4:03:35:123 dan ketiga Odie Purnama (DR J Cycling Team) 4:03:42:157.

Kategori Women Open, pembalap Dewika Mulya  Sova (KGB Racing Team) menjadi yang tercepat dengan waktu tempuh 4:18:07:471. Disusul Cindy Wensi  (Hoeis CyclingTeam) 4:20:44:527 dan di urutan ketiga Anindya Pinasih (Scid Racing Team) 4:20:44578.

Kejuaraan olahraga sekaligus wisata yang kali pertama digelar ini diselenggarakan Polda Jabar dan Kodam III Siliwangi dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-95.

Rute mulai Alun-Alun Kota Tasikmalaya dan berakhir di Alun-Alun Paamprokan Kabupaten Pangandaran, menyusuri perbukitan dan pantai selatan dengan trek menantang serta alamnya yang mempesona.

Penyerahan tropi juara dilakukan Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Dr Akhmad Wiyagus, didampingi Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata, mantan Menteri Kelautan, Susi Pudjiastuti, dan Ketua Pengprov ISSI Jawa Barat, Iman Firman.

Kapolda Jabar, Irjen Pol Dr Akhmad Wiyagus, menyambut antusias para pembalap dan pecinta olahraga sepeda yang mengikuti kejuaraan yang digagasnya ini.

"Saya sangat mengapresiasi keikutsertaan seluruh peserta. Ada para pembalap nasional ikut ambil bagian, dan juga ratusan pembalap dan pecinta olahraga sepeda," ujar Kapolda disambut tepuk riuh peserta lomba.

Ketua Pengprov ISSI Jawa Barat, Iman Firmansyah, mengungkapkan, kejuaraan balap sepeda yang memperebutkan total hadiah sebesar Rp 269 juta ini diikuti sekitar 550 pebalap dan pecinta olahraga sepeda.

"Para pembalap nasional mendominasi kejuaraan. Dari delapan kelas kategori yang diperlombakan, para pembalap nasional menjadi juara di enam kelas," jelas Iman.

Untuk menempuh jarak 174 kilometer, panitia menyiapkan empat water station (WS) yaitu WS 1 Jalan Raya Cibalong (km 40), WS 2 Obyek Wisata Sindangkerta (km 82), WS 3 Obyek Wisata Madasari ( km 122) dan WS 4 Objek Wisata Batukaras ( km 160).

"Kegiatan ini menjadi salah satu event terbesar yang ada di Jawa Barat serta unik karena ada lomba dan juga ada unsur wisata," kata Iman.

Karena itu, ia berharap kegiatan seperti ini digelar setiap tahun sebagai ajang mengukur kemampuan atlet balap sepeda Jawa Barat dan juga nasional sekaligus rekreasi.

‘’Ini event yang sangat luar biasa. Para atlet sangat antusias mengikuti lomba walau memiliki jarak tempuh cukup jauh. Hadiahnya juga cukup besar, dan ini diharapkan bisa menjadi agenda tahunan’’ ujar Iman.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Ciamisraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut