get app
inews
Aa Read Next : Warga Geram, 3 Tersangka Pembunuhan Indriana Disoraki saat Akan Rekonstruksi di TKP Kota Banjar

Mengenal Polwan Pawang Anjing Pelacak Polda Jabar, Tangguh di Lokasi Gempa Cianjur

Rabu, 30 November 2022 | 06:28 WIB
header img
Bripda Indah Saraswati Dhuha, anggota Unit K9 Polsatwa Ditsamapta Polda Jabar saat bertugas di lokasi gempa Cianjur. Foto: Humas Polda Jabar

BANDUNG, iNewsCiamisRaya.id – Ada cerita menarik di balik bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur. Di tengah lokasi gempa, terlihat Polwan membawa anjing pelacak atau K9 yang gagah namun anggun. Tak kenal lelah mereka menyusuri titik lokasi mencari korban hilang tertimbun material tanah dan bangunan.  

Mereka bertugas di Unit K9 Polsatwa Direktorat Samapta Polda Jabar yang disebut pawang anjing pelacak.  Bripda Indah Saraswati Dhuha, merupakan salah satu Polwan tangguh pawang K9 itu.

Sejak hari pertama terjadinya gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Senin (21/11/2022), Bripda Indah telah terjun ke lokasi bencana. Dia melaksanakan tugas operasi kemanusiaan mencari korban selamat dan terindikasi hilang atau meninggal dunia bersama rekan-rekan polisi lainnya.

Polda Jabar menerjunkan tim K9 atau anjing pelacak yang bisa mengidentifikasi keberadaan orang hilang. Bripda Indah dan tim tidak lelah terus mencari sebanyak mungkin korban bencana, sejak Senin (21/11/2022) sampai saat ini, Selasa (29-11-2022).

Tak berlebihan kiranya Bripda Indah adalah salah satu punggawa Srikandi Polri yang benar-benar tulus bekerja keras dan bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas dalam operasi kemanusiaan di Cianjur. Maka, wajar jika diapresiasi dan diacungi jempol.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Ibrahim Tompo mengatakan, seorang Polwan, terutama sebagai pawang K9, memiliki peran dalam menjalankan tugas pencarian korban hilang akibat gempa bumi Cianjur.

"Bripda Indah Saraswati Dhuha ini merupakan anggota Polsatwa Dit Samapta Polda Jawa Barat dengan anjing pelacak terlatih bernama Igor. Kemampuan Igor sudah tidak diragukan lagi," kata Kabid Humas Polda Jabar.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut