get app
inews
Aa Read Next : Raih Medali di PON XXI Aceh-Sumut, Atlet Petanque asal Ciamis Diarak Keliling Kota Galendo

7 Atlet Indonesia yang Mendunia, Ada yang Dijuluki Spiderman dan Spiderwoman Asal Indonesia

Rabu, 05 Oktober 2022 | 14:51 WIB
header img
Atlet panjat tebing Indonesia Kiromal Katibin kala memecahkan rekor di turnamen Eropa. Foto: Istimewa

6. Dick Sudirman

Bagi para pecinta olahraga terutama bulu tangkis, kejuaraan piala Sudirman atau Sudirman Cup tidaklah asing. Nama kejuaraan itu rupanya diambil dari nama mantan atlet sekaligus legenda bulu tangkis Indonesia, Dick Sudirman.

Lahir di Pematang Siantar, 29 April 1922, Dick Sudirman merupakan sosok yang mendirikan organisasi PBSI (Persatuan Bulu Tangkis Indonesia). Ia juga adalah tokoh di balik bergabungnya IBF (federasi bulu tangkis internasional) dan BWF (federasi bulu tangkis dunia).

Ia merasa bahwa kedua kubu tersebut seharusnya bisa menjadi 1 badan organisasi. Melalui pertemuan di Bandung, 28 Mei 1979, Dick Sudirman menyampaikan usulannya tersebut. Dua tahun berselang, ide Dick Sudirman berhasil disetujui hingga. IBF kemudian bersatu dengan BWF, kemudian menyandang nama BWF, seperti yang dikenal hingga saat ini.

Dick Sudirman wafat pada 10 Juni 1986 lantaran menderita stroke. Karena jasanya sangat besar bagi dunia bulu tangkis, sahabat Dick Sudirman, Suharso Suhandinata, mengusulkan kepada Presiden IBF kala itu, Arthur Jones, untuk mengadakan kejuaraan Piala Sudirman demi mengenang Dick Sudirman. Usulan itu diterima dan Piala Sudirman digelar untuk pertama kalinya pada 1988. Dick Sudirman masuk dalam Hall of Fame BWF tahun 1997.

7. Liliyana Natsir


Liliyana Natsir menunjukan ke-4 jarinya usai menangi partai final di nomor ganda campuran dalam ajang BWF World Championship di Glasgow, Skotlandia, tahun 2017. Foto: Mikael Ropars/Badmintonphoto

Pemain bulu tangkis di nomor ganda campuran, Liliyana Natsir, juga tercatat dalam Hall of Fame BWF pada 2022. Atlet asal Manado yang akrab disapa Butet itu berhasil memboyong medali emas di Olimpiade Rio 2016 bersama pasangannya, Tontowi Ahmad.

Ia juga dinobatkan sebagai atlet ganda campuran paling sukses di Indonesia, dengan 4 gelar juara dunia. Bersama Nova Widianto, Butet menyabet gelar juara dunia di tahun 2005 dan 2007. Sementara itu, bersama Tontowi, Butet menjuarai kejuaraan dunia pada tahun 2013 dan 2017. Butet memutuskan untuk pensiun dari dunia bulu tangkis pada tahun 2019, bersamaan dengan partai final Indonesia Masters.

Itulah 7 Atlet Indonesia yang Mendunia, mulai dari atlet bulu tangkis hingga panjat tebing yang mengharumkan nama Indonesia.

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " 7 Atlet Indonesia yang Mendunia, Nomor 6 Masuk Guinness World Records "

https://www.inews.id/sport/all-sport/7-atlet-indonesia-yang-mendunia-nomor-6-masuk-guinness-world-records/3

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut