get app
inews
Aa Read Next : Raih Medali di PON XXI Aceh-Sumut, Atlet Petanque asal Ciamis Diarak Keliling Kota Galendo

7 Atlet Indonesia yang Mendunia, Ada yang Dijuluki Spiderman dan Spiderwoman Asal Indonesia

Rabu, 05 Oktober 2022 | 14:51 WIB
header img
Atlet panjat tebing Indonesia Kiromal Katibin kala memecahkan rekor di turnamen Eropa. Foto: Istimewa

JAKARTA, iNewsCiamisRaya.id – Inilah 7 atlet Indonesia yang mendunia. Memiliki segudang atlet yang berprestasi, Indonesia tentu menjadi terkenal di mancanegara. Atlet yang berprestasi dan mengharumkan nama Indonesia ini mulai dari atlet bulu tangkis hingga panjat tebing.

Karena mereka menorehkan prestasi yang membanggakan di dunia internasional tentu saja menjadikan mereka atlet yang terkenal.  Bahkan prestasinya di dunia olahraga ada yang tercatat dalam Guinness World Records.

Lalu siapa saja atlet Indonesia yang mendunia karena prestasinya itu? Dikutip iNews.id dari berbagai sumber, berikut uraiannya.

Inilah 7 Atlet Indonesia yang Mendunia.

1. Rudy Hartono


Pebulu tangkis legendaris Indonesia, Rudy Hartono. Foto: Twitter/@YonexAllEngland
Nama Rudy Hartono juga masuk dalam salah satu legenda bulu tangkis Indonesia yang diakui dunia. Ia adalah pemilik gelar juara All England terbanyak, yakni 8 gelar. Berkat prestasinya itu dia tercatat dalam Guinness World Records.

Rudy mulai bergabung dengan Pelatnas di tahun 1965 dan menjadi juara All England 3 tahun setelahnya. Dominasi Rudy di kejuaraan bulu tangkis tertua di dunia itu terus berlanjut pada 6 edisi setelahnya.

Sayang, dominasi juaranya harus berhenti di tahun 1975. Kala itu ia dikalahkan oleh pemain tunggal putra asal Denmark, Svend Pri. Rudy kembali menjadi pemegang trofi kejuaraan All England tahun 1976, dengan mengalahkan rekan senegaranya, Liem Swie King di final. Pada tahun 1997, nama Rudy masuk dalam Hall of Fame BWF.

2. Galang Hendra Pratama


Pembalap Ten Kate Yamaha asal Indonesia, Galang Hendra Pratama. Foto: MNC Portal Indonesia/Suratman

Galang Hendra Pratama merupakan pebalap Indonesia yang namanya sudah terkenal secara internasional. Pria kelahiran Bantul, 10 Maret 1999 ini sudah beberapa kali menjadi juara dalam kejuaraan dunia balap motor Supersport 300.

Melansir laman Yamaha Racing Indonesia, ia tercatat menjadi juara dalam WSPP300 (World Supersport 300) di Sirkuit Brno, Ceko, pada 2018. Ia juga pernah naik podium pertama dalam seri 9 WSPP300 tahun 2017 di Spanyol.

Hal inilah yang menjadikan namanya sebagai pembalap Indonesia pertama yang berhasil menjuarai balapan motor level dunia. Pembalap yang tergabung dalam tim Ten Kate Yamaha ini pernah terpilih untuk bergabung dengan Akademi VR46 pada 4 Juli 2016. Galang yang kala itu masih menjadi pembalap di kelas 250 cc masuk ke akademi besutan Valentino Rossi tersebut bersama 4 pebalap lain dari Thailand, Malaysia, Jepang, dan Indonesia.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut