Top! Pemkot Banjar Luncurkan Aplikasi Layanan Publik Membangun Kota Pintar

Budiana Martin
Pemkot Banjar luncurkan aplikasi layanan publik membangun kota pintar. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Budiana Martin

BANJAR, iNewsCiamisRaya.id - Pemerintah Kota Banjar, Jawa Barat luncurkan aplikasi layanan publik dan penerapan program untuk membangun "Banjar Smart City" atau kota pintar.

Pj Wali Kota Banjar, Ida Wahida Hidayati mengatakan peluncuran aplikasi layanan publik ini merupakan langkah untuk jawab tantangan zaman di era yang lebih maju dan modern dengan menjadikan Banjar Smart City.

Ida menjelaskan bahwa smart city atau kota pintar adalah suatu wilayah yang telah mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam tata kelola sehari-hari.

Tujuannya untuk meningkatkan efisiensi, memperbaiki pelayanan terhadap publik, dan meningkatkan kesejahteraan warga.

"Kota pintar adalah upaya pemerintah untuk inovatif melakukan ekosistem kota dalam mengatasi berbagai persoalan dan meningkatkan kualitas hidup manusia serta komunitas setempat," katanya, Rabu (4/9/2024).

Dalam membangun kota pintar, terdapat enam pilar utama, yaitu smart governance, smart society, smart living, smart economy, smart environment, dan smart branding.

Smart Environment itu untuk menyiapkan kawasan wisata prioritas menjadi kawasan yang bersih, bebas sampah, dan tertib, tanpa meninggalkan unsur tradisionalnya.

Kemudian Smart Economy untuk memastikan implementasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam proses transaksi (cashless) berlangsung di kawasan wisata prioritas serta pemerintah daerah sekitarnya.

Ketiga Smart Branding untuk membantu pemerintah daerah pada kawasan wisata prioritas dalam meningkatkan kunjungan wisata.

Selanjutnya Smart Government untuk memastikan pemerintah daerah pada kawasan wisata prioritas menerapkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) secara berkualitas dalam upaya pelayanan publik yang baik.

Editor : Asep Juhariyono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network