Pemkot Banjar Bangun Jaringan Distribusi Utama di Desa Binangun untuk Atasi Kesulitan Air Bersih

Budiana Martin
Pemkot Banjar bangun Jaringan Distribusi Utama di Desa Binangun untuk atasi kesulitan air bersih. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Budiana Martin

BANJAR, iNewsCiamisRaya.id – Pemerintah Kota Banjar melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) terus berupaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Salah satu upaya yang dilakukan adalah pembangunan jaringan air bersih di Desa Binangun.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kota Banjar, Acep Daryanto melalui Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUTR Kota Banjar, Irman Nurachman, menyampaikan bahwa saat ini proyek pembangunan jaringan distribusi utama (JDU) hingga sambungan rumah (SR) telah memasuki tahap sosialisasi.

"Kita sudah melakukan tahapan sosialisasi mengenai pekerjaan penyediaan sarana air bersih berupa pembuatan JDU hingga sambungan rumah ke perwakilan tokoh masyarakat di Desa Binangun," kata Irman saat ditemui awak media, Rabu (31/7/2024).

Irman menjelaskan bahwa program pembuatan jalur distribusi air Perumdam Tirta Anom ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2024. Dana tersebut akan digunakan untuk membangun jaringan distribusi utama hingga sambungan rumah di seluruh Desa Binangun.

"Jalur pipa JDU ini sepanjang 5,5 kilometer, pemasangannya akan mengikuti samping jalan raya," katanya.

"Kemudian 5,5 kilometer itu titik nolnya dari Perumahan Pagak sampai Jembatan Ciseel Binangun. Pekerjaan ini akan menambah SR sebanyak 137 dan itu tersebar di dua dusun Desa Binangun yaitu Dusun Pangasinan dan Dusun Girimulya," kata dia menambahkan.

Air bersih yang akan dinikmati warga Desa Binangun berasal dari Instalasi Pengolahan Air (IPA) Situ Batu dengan sumber air baku dari Balokang Patrol. Mengandalkan kekuatan alam, proyek ini akan memanfaatkan sistem gravitasi untuk mengalirkan air ke rumah-rumah warga, sehingga lebih efisien dan ramah lingkungan. Sebagai bentuk perhatian pemerintah, pemasangan sambungan rumah (SR) untuk program ini dilakukan secara gratis.

"Untuk pemasangan SR ini gratis. Namun nantinya untuk pembayaran langganan tiap bulan bisa berkonsultasi dengan Perumdam Tirta Anom Kota Banjar selaku perusahaan daerah penyedia layanan air bersih dan sehat di Kota Banjar," ucapnya.

Editor : Asep Juhariyono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network