Pemkot Banjar Upayakan Bendungan Leuwikeris Bermanfaat untuk Sawah Tadah Hujan

Budiana Martin
Pemkot Banjar upayakan Bendungan Leuwikeris bermanfaat untuk sawah tadah hujan. Foto: Istimewa

BANJAR, iNewsCiamisRaya.id - Pemerintah Kota Banjar akan mengupayakan air dari Bendungan Leuwikeris bisa bermanfaat bagi area persawahan tadah hujan di Desa Cibeureum dan sekitarnya.

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah Kota Banjar, Soni Horison setelah melakukan kunjungan ke Bendungan Leuwikeris bersama Pj Wali Kota Banjar Ida Wahida Hidayati pada (24/6) lalu.

Soni mengatakan berdasarkan informasi yang diterimanya, Bendungan Leuwikeris ini akan diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo pada Agustus 2024 mendatang.

Saat mengunjungi Bendungan Leuwikeris, Soni pun mengatakan pihaknya membahas terkait pemanfaatan air Situ Leutik untuk mengairi persawahan sekitar wilayahnya.

"Sudah kami bahas, itu harus dibuatkan saluran khusus dulu. Saat ini Leuwikeris masih dalam persiapan dan pengisian air," katanya, Selasa (2/7/2024).

Saluran khusus yang dimaksud dikatakan Soni yaitu berupa pipa untuk difungsikan mengalirkan air dari Leuwikeris kemudian ditampung di Situ Leutik.

"Kalau terealisasi ini akan mengairi persawahan untuk wilayah Banjar barat. Kalau Banjar timur kan sudah dari saluran irigasi BBWS Citanduy," ucapnya.

Editor : Asep Juhariyono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network