Program Semesta, SMPN 1 Kota Banjar Siap Hasilkan Lulusan Berkualitas

Budiana Martin
Program Semesta, SMPN 1 Kota Banjar siap hasilkan lulusan berkualitas. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Budiana Martin

520 Siswa di Kota Banjar Tahfidz Al-Quran

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Banjar, Kaswad, program Semesta ini diterapkan di semua sekolah se-Kota Banjar yang dinaungi Disdikbud Banjar, baik Paud, Taman Kanak-kanak (TK) Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP).

"Program Semesta ini diterapkan di semua sekolah yang ada di bawah naungan Disdikbud, baik Paud, TK, SD dan SMP, dan sudah ada 520 anak yang di wisuda Tahfidz Al-Quran," kata Kaswad.

"Tapi untuk Paud dan TK tidak diberikan target hafalan seperti SD dan SMP. Kalo SD dan SMP setiap tingkatannya itu ditarget untuk bisa hafalan juz. Jadi target setelah lulus SMP itu mereka bisa wisuda Tahfidz Al-Quran," sambungnya.

Program yang diluncurkan pada tahun 2023 ini dikatakan Kaswad memiliki tujuan agar anak-anak didik bisa memperkuat iman dan taqwanya serta menumbuhkan karakter mereka dengan baik.

Jadi program Semesta ini tidak hanya tentang hafalan juz Al-Quran saja, melainkan dengan pembelajaran dasar-dasar dan perilaku yang positif.

"Setahun program ini diluncurkan manfaatnya sudah sangat terlihat. Anak-anak yang sering masuk ke Bimbingan Penyuluhan (BP) berkurang, mereka jadi sering melakukan hal-hal positif," katanya.

Selain itu, dengan diterapkannya program Semesta di sekolah anak-anak pun saat ini bisa mengurangi penggunaan gadget yang kadang mengganggu mereka dalam melakukan proses pembelajaran.

Meskipun demikian, Kaswad tidak menampik bahwa gadget bisa menjadi sarana untuk menggali ilmu. Namun ia berharap setelah diterapkannya program Semesta di sekolah, siswa bisa lebih bijak dalam menggunakan gadget, baik waktu serta penggunaanya.

"Alhamdulillah dengan adanya program ini anak juga bisa mengurangi penggunaan gadget serta bisa bijak saat menggunakan sarana yang sekarang ini tidak bisa dilepaskan dalam kehidupannya," jelasnya.

"Semoga program ini bisa terus diminati dan dimanfaatkan oleh siswa agar mereka menjadi lulusan yang berkualitas supaya generasi muda saat ini bisa mendorong kemajuan bangsa Indonesia di masa yang akan datang," pungkasnya.

Editor : Asep Juhariyono

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network