Luar Biasa, Caleg PAN yang Sudah Meninggal Peroleh Suara Terbanyak dan Raih Kursi DPRD Jabar

Andri M Dani
Almarhum Dr H Zulkarnaen SH MH, Caleg PAN yang sudah meninggal peroleh suara terbanyak dan raih kursi DPRD Jabar. Foto: Istimewa

CIAMIS, iNewsCiamisRaya.id - Mungkin ini baru pertama kali terjadi. Caleg yang sudah meninggal dan belum sempat melaksanakan kampanye tetapi meraih suara terbanyak. Dan berhak satu kursi di DPRD Provinsi Jawa Barat (Jabar).

Tapi itulah suatu kenyataan. Dr H Zulkarnaen SH MH tercatat dalam DCT sebagai caleg PAN nomor urut 1 dari Dapil Jabar 13 untuk DPRD Jabar.

Beliau sehari-hari adalah dosen di STIKes Muhammadiyah Ciamis, dosen pasca sarjana Unigal (Fakultas Hukum) dan juga dosen di UIN Sunan Gunung Jati Bandung.

Mantan Ketua Pengurus Daerah Muhammadiyah (PDM) Ciamis dan juga mantan Pengurus Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Barat tersebut meninggal dunia di RS Santosa Bandung, Sabtu (09/12/2023) setelah sempat 8 hari tak sadarkan diri.

Jenazah putra sulung dari Alm H Bukhari (pendiri Muhammadiyah di Ciamis) tersebut dimakamkan di Pemakaman Sikuraja Ciamis.

Meski sudah meninggal dunia, namun nama caleg dari PAN untuk DPRD Jabar dari Dapil Jabar 13 (Kuningan, Ciamis, Banjar, Pangandaran) tersebut masih tertera dalam surat suara. Bahkan mendapat dukungan suara dari pemilih pada hari H Pemilu 2024 Rabu (14/02/2024) lalu.

Dari perhitungan suara sementara (real count) di Dapil Jabar 13 tersebut PAN meraih 129.062 suara. Dan PAN diprediksi meraih satu kursi di DPRD Jabar  (kursi ke 7 dari 8 kursi  yang diperebutkan di Dapil Jabar 13).

Dan dari 8 caleg PAN dari Dapil Jabar 13 yang tertera dalam surat suara untuk DPRD Jabar, tokoh panutan warga Muhammadiyah di Ciamis dan Priangan Timur tersebut meraih suara terbanyak.

“Almarhum (Pak Zul) meraih suara sekitar 28.000. Paling banyak dari 7 caleg PAN lainnya untuk Dapil Jabar 13,” ujar Ketua DPD PAN Ciamis, H Yana D Putra kepada iNewsCiamisRaya.id, Rabu (28/02/2024).

Dengan kuasa Allah, menurut Yana, almarhum yang sudah meninggal bisa mengalahkan caleg yang sehat wal afiat. “Orang meninggal mengalahkan orang yang hidup. Beliau pun belum sempat kampanye,” jelasnya.

Editor : Asep Juhariyono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network