Cara Anak Muda di Kota Banjar Melek Politik

Budiana Martin
Cara anak muda di Kota Banjar melek politik. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Budiana Martin

BANJAR, iNewsCiamisRaya.id - Pemilihan Umum akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024. Untuk pertama kalinya, para pelajar tingkat SMA yang baru memiliki KTP punya kesempatan untuk menggunakan hak pilihnya dalam pesta demokrasi lima tahunan ini, tak terkecuali di Kota Banjar.

Via siswa kelas XII di SMAN 3 Kota Banjar yang saat ini berusia 17 tahun mengaku tidak mengerti tentang tata cara mengikuti penyelenggaraan Pemilihan Umum 2024.

Bahkan sebelumnya, Via menyebutkan telah menerima sejumlah masukan dari orang-orang sekitarnya, bahkan orang tuanya menyarankannya untuk memilih dan menjadi salah satu saksi dari partai politik.

"Jujur sebelumnya aku belum paham pemilu, bahkan orang tua menyarankan aku untuk jadi saksi, dan ga tau juga kerjanya gimana," kata Via saat ditemui iNewsCiamisRaya.id di sekolahnya usai mengikuti sosialisasi Pemilu 2024, Rabu, (7/2/2024).

Namun, setelah ada masukan lain dan Via mencari tau di internet bahwa Pemilu itu merupakan pesta demokrasi untuk menentukan masa depan bangsa, dirinya pun berpikir bahwa pemilihan umum ini harus dilakukan sesuai penilaian dan hati nuraninya terhadap para calon.

"Jadi memang kan kita memilih calon legislatif maupun eksekutif itu efeknya akan kepada kita sendiri dikemudian hari, makanya aku pikir anak muda seperti aku ini harus memilih wakil rakyat yang sangat baik," kata dia.

Di beberapa hari menjelang pemilihan umum ini akhirnya ada juga pihak yang bersosialisasi terkait Pemilu ke sekolahnya, sehingga, Via pun bisa mendapatkan pencerahan tata cara memilih dalam penyelenggaraan pemilihan umum nanti.

Kemudian, Via menilai kegiatan sosialisasi yang dilakukan oleh pihak KPU Kota Banjar ini sangat bermanfaat khususnya bagi pemilih pemula para pelajar yang baru memiliki KTP sepertinya.

"Apalagi kan kebanyakan anak muda kayak aku, tau yang kaya gini-gini tuh dari medsos, yang terlalu banyak bercandanya jadi kurang ngerti, tapi kalo dilengkapi dengan ada sosialisasi langsung seperti ini kan saya jadi ngerti," ucapnya.

Editor : Asep Juhariyono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network