Luar Biasa, Hari Libur Omzet Kedai Durian Kujang Capai Rp53 Juta per Hari

Andri M Dani
Luar biasa, hari libur omzet Kedai Durian Kujang capai Rp53 juta per hari. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Andri M Dani

Kejadiannya tahun 2021 lalu, ia memesan durian dari Sulawesi senilai Rp130 juta. Waktu kiriman durian tiba di Ciamis, hari pertama tidak ada masalah. Tetapi pada hari kedua, penampilan buah durian berubah total. Jadi gosong kering jauh dari kesan segar. Ketika dibuka buahnya sudah tidak bisa diselamatkan. Dapat kiriman durian dari Sulawesi, sebagian besar dalam kondisi sudah busuk.

“Durian tersebut dipetik masih muda. Hanya sebagian kecil yang bisa diselamatkan. Dari Rp130 juta, hanya sekitar Rp17 juta yang bisa diselamatkan. Ada dibagikan kepada warga. Tapi sebagian besar busuk dan dibuang,” ungkapnya.

Menyusul kejadian rugi sampai Rp130 juta tersebut, Wahyu tidak kapok. Tetapi semangatnya  sebagai pedagang durian semakin menggebu-gebu. Tetapi lebih berhati-hati ketika memesan durian dari berbagai daerah.

Kedai Durian Kujang ternyata tidak hanya mendatangkan durian dari berbagai daerah. Tetapi Wahyu juga menampung durian lokal Ciamis.

“Ada warga yang bawa lima atau sepuluh butir durian dari rumahnya, tetap saya tampung,” ujar Wahyu.

Untuk melacak durian yang berkualitas ungkap Wahyu, lihat dari bentuknya yang simetris. Setelah itu gunakan pisau dan lakukan pukulan ke buah durian. Dengar bunyinya terkesan kosong atau berat. Setelah itu cium aromanya, carilah buah durian yang menyebar bau wangi.

Dari berbagai jenis durian yang dijual di Kedai Durian Kujang, harganya cukup bervariasi. Dari Rp100.000 per 3 buah sampai yang harganya Rp150.000 per kg. Buah durian jenis bawor atau montong dijual dengan tarif Rp150.000 per kg. Rata-rata durian montong beratnya antara 2 sampai 3 kg per buah.

Wahyu menjual durian di Kedai Durian Kujang-nya tersebut dengan garansi, bila ada durian yang busuk atau dingin, akan diganti 100 persen. Baik yang disantap di tempat atau yang dibawa pulang ke rumah.

Di kedai duriannya tersebut, Wahyu juga menyediakan es goyobod durian dan kopi. Juga tersedia bibit berbagai varietas durian.

Sukses berburu cuan dari berjualan durian, Wahyu baru saja membuka outlet baru Kedai Durian Kujang di seberang SPBU/Pom Bensin Cikoneng sisi jalan raya Ciamis-Tasikmalaya. Dengan areal parkir yang luas dan latar belakang view keindahan Gunung Sawal.

Wahyu juga bercocok tanam berbagai jenis durian di 4 petak kebunnya dengan total luas sekitar 4 hektare. Tersebar di Dusun Cantigi Desa Kujang dan di Carik Pasir Angin Desa Darmacaang Cikoneng.

Editor : Asep Juhariyono

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network