59 Pj Kepala Daerah Dapat Rapor Merah dari Mendagri, Pj Wali Kota Banjar: Tidak Netral Pemilu 2024

Budiana Martin
59 Pj Kepala Daerah dapat rapor merah dari Mendagri, Pj Wali Kota Banjar: Tidak netral Pemilu 2024. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Budiana Martin

BANJAR, iNewsCiamisRaya.id - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dengan tegas mencopot penjabat (Pj) kepala daerah di Indonesia yang tidak netral dalam Pemilu 2024.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Tito juga telah mengeluarkan rapor merah kepada 59 Pj kepala daerah.

Rapor merah itu diberikan karena Pj yang bersangkutan belum memenuhi indikator dalam upaya menjaga netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN).

Tito menyebutkan rapor merah diberikan kepada penjabat kepala daerah yang dinilai belum memenuhi skor 0-59 atau masih dalam kategori kurang.

Kemudian sebanyak lima Pj kepala daerah meraih rapor kuning dengan skor 60 sampai 79 dan 48 penjabat kepala daerah lainnya diberi rapor hijau dengan skor 80 hingga 100 (kategori baik).

"Laporan-laporan mengenai tidak netral yang viral di video segala macam memang ada, karena itu saya melakukan penggantian," katanya, Selasa (19/12) lalu.

"Indikasi adanya pj kepala daerah yang tidak netral tersebut didapatkan dari laporan masyarakat, termasuk keluhan dari partai politik maupun dari para peserta pemilu," kata Tito menambahkan.

Menanggapi hal demikian, Penjabat Wali Kota Banjar, Ida Wahida Hidayati mengatakan bahwa dirinya belum mendapatkan rapor evaluasi.

Hal itu karena dirinya baru memegang amanah sebagai kepala daerah Kota Banjar selama 3 minggu. Sedangkan evaluasi baru akan dilakukan setelah masa tugas minimal 3 bulan.

"Kita kerja baru tiga minggu belum tiga bulan jadi belum dievaluasi. Nanti tiga bulan baru di evaluasi," katanya kepada iNewsCiamisRaya.id, Kamis (28/12/2023).

Editor : Asep Juhariyono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network