Hati-Hati, Ini 10 Kebiasaan Sehari-hari yang Dapat Merusak Ginjal

Eni Pepin Lusiani
Kebiasaan sehari-hari yang merusak ginjal dapat memiliki dampak negatif pada kesehatan ginjal Anda. Foto: Freepik

JAKARTA, iNewsCiamisRaya.id - Kebiasaan sehari-hari yang merusak ginjal dapat memiliki dampak negatif pada kesehatan ginjal Anda. Selain penyakit diabetes dan tekanan darah tinggi, kebiasaan sehari-hari yang tidak sehat dapat meningkatkan risiko penyakit ginjal atau gagal ginjal.

Jaga kesehatan ginjal Anda dengan menghindari kebiasaan-kebiasaan tidak sehat dan mengadopsi gaya hidup sehat, termasuk makan makanan seimbang, berolahraga secara teratur, minum cukup air, dan menghindari faktor risiko lainnya seperti minum obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas, merokok serta konsumsi alkohol berlebihan.

Kerusakan ginjal tidak terjadi dalam semalam, tetapi merupakan hasil dari akumulasi kerusakan seiring waktu. Oleh karena itu, penting untuk mengubah kebiasaan sehari-hari guna menjaga kesehatan ginjal jangka panjang.

Penyakit ginjal, termasuk gagal ginjal, dapat diidap oleh siapa saja, tidak terbatas pada kelompok usia atau jenis kelamin tertentu.

Dilansir dari Hindustan Times, Senin (7/8/2023), berikut kebiasaan sehari-hari yang dapat merusak ginjal.

Kebiasaan Sehari-hari yang Merusak Ginjal

1. Kurang Tidur

Tidur yang tidak cukup dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan aterosklerosis, yang pada gilirannya dapat menyebabkan penurunan aliran darah ke ginjal. Cukup tidur penting bagi ginjal untuk meregenerasi jaringan yang rusak.

2. Konsumsi Obat Penghilang Rasa Sakit

Minum obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas (OTC) dan suplemen kesehatan pembentukan tubuh yang terlalu sering dapat menjadi penyebab gagal ginjal. Disarankan untuk menghentikan penggunaan obat tersebut jika digunakan secara teratur untuk nyeri kronis, sakit kepala, atau radang sendi.

3. Konsumsi Garam Berlebihan

Menggunakan garam secara berlebihan dapat menyebabkan beban natrium yang berlebihan dan tekanan darah tinggi, yang dapat membahayakan ginjal. Fokus mengonsumsi makanan segar rendah natrium alami seperti kembang kol, blueberry, makanan laut serta biji-bijian sehat.

Editor : Asep Juhariyono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network