Hati-Hati, Ini 10 Kebiasaan Sehari-hari yang Dapat Merusak Ginjal

Eni Pepin Lusiani
Kebiasaan sehari-hari yang merusak ginjal dapat memiliki dampak negatif pada kesehatan ginjal Anda. Foto: Freepik

4. Makan Makanan Olahan

Makanan olahan mengandung banyak natrium dan fosfor. Konsumsi makanan olahan secara berlebihan dapat merusak ginjal dan tulang. Pasien dengan penyakit ginjal sebaiknya menghindari makanan kemasan yang mengandung fosfor tinggi.

5. Makan Banyak Gula

Mengonsumsi terlalu banyak gula dapat menyebabkan obesitas, yang meningkatkan risiko tekanan darah tinggi dan diabetes, yang pada akhirnya dapat menyebabkan gagal ginjal. Disarankan untuk mengurangi asupan gula dan menghindari konsumsi biskuit, sereal, dan roti putih secara berlebihan.

6. Merokok

Merokok dapat merusak ginjal dan meningkatkan risiko kerusakan ginjal. Orang yang merokok lebih rentan memiliki protein dalam urine mereka, yang merupakan tanda kerusakan ginjal. Berhenti merokok atau membatasi merokok dapat meningkatkan aliran darah ke ginjal.

7. Dehidrasi

Tidak menjaga diri tetap terhidrasi dapat berbahaya bagi ginjal. Meminum jumlah air yang cukup membantu menjaga sirkulasi darah ginjal, mengeluarkan limbah metabolisme, dan mencegah pembentukan batu ginjal.

Pasien dengan penyakit ginjal membutuhkan lebih sedikit asupan cairan. Tetapi orang dengan ginjal yang sehat harus minum tiga hingga empat liter air setiap hari.

Editor : Asep Juhariyono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network