5 Game yang Dilarang di Indonesia, Nomor 4 Berpotensi Timbulkan Pertikaian Antar Agama

Inas Rifqia Lainufar
Game yang dilarang di Indonesia dan alasannya, GTA San Andreas. Foto: Istimewa

3. GTA San Andreas

GTA San Andreas juga termasuk salah satu game yang dilarang di Indonesia. GTA San Andreas menjadi game aksi petualangan yang dirilis oleh Rockstar Games. Game ini dilarang di Indonesia karena mengandung unsur pornografi.

Di dalamnya, terdapat beberapa karakter yang menari dengan telanjang dan melakukan adegan seks. Tak hanya itu, game ini juga kental dengan unsur kekerasan.

4. Fight of Gods

Fight of Gods termasuk game yang dilarang di Indonesia. Sesuai dengan namanya, Fight of Gods mengusung permainan dengan membuat Tuhan dari berbagai agama dan keyakinan bertarung. Pemain dapat memilih karakter khusus yang berasal dari agama tertentu.

Dengan konsep tersebut, game ini dilarang dirilis di Indonesia karena berpotensi menimbulkan pertikaian antar agama. Namun tak hanya Indonesia, Thailand dan Malaysia juga melarang perilisan Fight of Gods.

5. Mortal Kombat 11

Game yang dilarang di Indonesia di urutan terakhir yaitu Mortal Kombat 11. Mortal Kombat 11 dilarang diedarkan di Indonesia karena mengusung unsur komunisme di dalamnya, Unsur komunisme itu terlihat dari adanya simbol palu dan arit pada tobi karakter Kold World Skarlet.

Sebagaimana yang telah diketahui, Undang Undang No 27 Tahun 1999 melarang segala jenis logo komunisme di ruang publik. Dengan demikian, pemain yang dulunya sempat melakukan pre-order berhak mendapatkan uangnya kembali (refund).

Itulah sederet game yang dilarang di Indonesia dan alasannya. Meskipun sudah dilarang, terdapat oknum ‘nakal’ yang tetap mengedarkan game tersebut melalui situs ilegal.

Artikel ini telah tayang di iNews dengan judul " 5 Game yang Dilarang di Indonesia dan Alasannya, Nomor 4 Mengandung Unsur Komunisme "

Editor : Asep Juhariyono

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network