get app
inews
Aa Read Next : Timnas Indonesia vs Timnas Korsel Piala Asia U-23 2024, Bacawalkot Banjar Atet Handiyana Gelar Nobar

Viral! Banjar Disebut Sebagai Kota Termiskin di Jawa Barat, Ini Faktanya

Rabu, 11 September 2024 | 18:37 WIB
header img
Banjar disebut sebagai kota termiskin di Jawa Barat. Foto: Tangkapan Layar

Banjar Bukan Kota Termiskin di Jabar

Berdasarkan data yang dimiliki BPS Kota Banjar, Kota Banjar bukan kota dengan jumlah angka termiskin tertinggi di Jawa Barat. Jumlah angka kemiskinan di Banjar pada 2023 sebesar 6,14 persen dari jumlah penduduk yang ada.

"Angka kemiskinan di Kota Banjar saja pada tahun 2023 itu mengalami penurunan dibanding 2022 yang saat itu 6,73 persen. Tahun 2024 angka kemiskinan di Banjar 6,14 persen," kata Irma.

Kepala Bappelitbanda Kota Banjar, Andi Bastian menambahkan data kemiskinan yang ramai di perbincangkan itu tidak sesuai.

"Dari data BPS, angka kemiskinan di Kota Banjar pada tahun 2023 sebesar 6,14 persen atau 11.660 jiwa," ujarnya.

Bahkan, menurut Andi mengatakan Kota Banjar justru masuk dengan kategori 5 besar kabupaten/kota dengan jumlah penduduk miskin paling sedikit di Jawa Barat.

“Kabar itu tidak benar. Angka kemiskinan kita 6,14 persen. Berdasarkan data BPS justru Kota Banjar masuk 5 besar kabupaten/kota yang angka kemiskinannya paling sedikit di Jawa Barat,” jelasnya.

Andi Bastian mengatakan berdasarkan data BPS untuk PDRB yang terbentuk pada tahun 2023. Kota Banjar memang nilainya paling kecil di Jawa Barat. Hal itu karena luas wilayahnya juga yang paling kecil.

Kendati demikian, Andi menegaskan bahwa PDRB itu tidak ada hubungannya dengan angka kemiskinan. PDRB merupakan gambaran pendapatan ekonomi suatu daerah.

"Jadi harus diketahui bersama bahwa PDRB itu tidak bisa digambarkan dengan angka kemiskinan suatu daerah. Itu hanya menggambarkan pendapatan ekonomi suatu daerah saja," pungkasnya.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut