get app
inews
Aa Read Next : PON XXI Aceh-Sumut, 2 Atlet Petanque asal Ciamis Persembahkan Medali Emas untuk Kontingen Jabar

KPU Ciamis dan IJTI Galuh Raya Bersinergi Ciptakan Pemilih Cerdas

Senin, 09 September 2024 | 16:42 WIB
header img
KPU Ciamis dan IJTI Galuh Raya bersinergi ciptakan pemilih cerdas. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Budiana Martin

CIAMIS, iNewsCiamisRaya.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ciamis terus berupaya menciptakan pemilih cerdas menjelang Pilkada Ciamis 2024.

Dalam upayanya, KPU bersinergi dengan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Galuh Raya menyelenggarakan sosialisasi pemilihan umum. Pada kesempatan itu KPU bersama IJTi menyasar para pengrajin angklung di Ciamis.

Puluhan pengrajin dari Kampung Angklung Mandiri itu diberikan pemaparan mengenai beberapa materi pemilu yang di dirangkum dengan tema 'Harmoni Demokrasi Pemilih Cerdas, Pilihannya Pasti Waras'.

Ketua IJTI Galuh Raya, Yosep Trisna, menekankan bahwa demokrasi adalah pilar utama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, yang memerlukan partisipasi aktif dari seluruh elemen masyarakat.

Ia menegaskan bahwa Pilkada Serentak 2024 memiliki makna penting sebagai manifestasi dari nilai-nilai demokrasi. Ini adalah momen bagi masyarakat untuk menggunakan hak suara mereka dalam memilih pemimpin yang dapat mewakili kepentingan dan aspirasi masyarakat Kabupaten Ciamis.

"Marilah kita bersama-sama mendukung dan mengawasi jalannya Pilkada ini agar berlangsung dengan aman, damai, dan kondusif. Dengan demikian, kita berharap akan terpilih pemimpin baru yang dapat memenuhi harapan kita," kata Yosep.

Ia mengatakan, sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat mengenai pentingnya penyelenggaraan pesta demokrasi, yaitu Pilkada serentak di Kabupaten Ciamis.

"Kami berharap partisipasi masyarakat dalam Pilkada 2024 meningkat, dan masyarakat menyadari peran mereka sebagai pemegang kedaulatan," ucapnya.

Menurutnya, KPU Kabupaten Ciamis harus berkomitmen mengajak seluruh lapisan masyarakat, terutama pengrajin angklung, agar berperan aktif dalam mensukseskan proses demokrasi ini.

"Melalui kolaborasi dengan IJTI, kami ingin menekankan pentingnya peran pengrajin angklung dalam menciptakan harmoni demokrasi yang kuat. Ciamis, dengan kekayaan budayanya, memiliki tradisi seni yang khas, salah satunya adalah angklung," jelasnya.

Pemilihan pengrajin angklung sebagai sasaran sosialisasi ini didasarkan pada potensi yang ada di Kampung Angklung, yang setiap minggunya selalu dikunjungi oleh pengunjung dari Ciamis maupun luar kota.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut