get app
inews
Aa Read Next : PON XXI Aceh-Sumut, 2 Atlet Petanque asal Ciamis Persembahkan Medali Emas untuk Kontingen Jabar

Hutan Jati Perhutani di Gunung Geger Bentang Pamarican Ciamis Diamuk Kobaran Api

Senin, 02 September 2024 | 07:21 WIB
header img
Hutan jati Perhutani di Gunung Geger Bentang Pamarican Ciamis diamuk kobaran api. Foto: Istimewa

CIAMIS, iNewsCiamisRaya.id - Kebakaran hutan dan lahan kembali terjadi di Ciamis. Kali ini melanda kawasan yang lebih luas.

Kawasan hutan jati milik Perum Perhutani RPH Pamarican yang berlokasi di kawasan Gunung Geger Bentang diamuk kobaran api, Sabtu (31/8/2024) jam 17.30 WIB petang hari.

Kawasan hutan yang dilalap si jago merah menjelang malam tersebut berada di petak 78 yang secara administrasi masuk Dusun Sambong Jaya RT 18 dan RT 19 Desa Sukahurip, Pamarican, Ciamis. Hutan petak 78 seluas 26,26 hektar tersebut berisi tanaman jati unggul (JPP) hasil tanam tahun 2016.

Menurut Camat Pamarican, Taufik Hidayat S.Sos Msi, pertama kali kebakaran diketahui oleh Polhut (Polter) yang Sabtu sore tersebut tengah melakukan ronda patroli hutan bersama anggota LMDH (Lembaga Masyarakat Desa Hutan).

Petugas yang sedang patroli di kawasan hutan Gunung Geger Bentang tersebut memergoki adanya kepulan asap dan kobaran api dari arah petak 78.

Mereka pun melaporkan adanya kejadian tersebut ke RPH Pamarican, BKPH Banjar Selatan, KPH Ciamis serta minta bantuan Polsek, Koramil Pamarican, BPBD, aparat desa dan kecamatan serta relawan berbagai potensi SAR.

Sabtu malam itu juga berbagai pihak langsung masuk hutan untuk memadamkan api secara gotong royong.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut