get app
inews
Aa Read Next : Rumah Aki Darman di Banjarsari Ciamis Ambruk

Kebakaran Lahan di Ciamis Terjadi Lagi, Kebun Tajudin di Rancah Ludes Terbakar

Selasa, 27 Agustus 2024 | 07:34 WIB
header img
Kebakaran lahan di Ciamis terjadi lagi, kebun Tajudin di Rancah ludes terbakar. Foto: Dok Damkar Pos WMK Rancah Satpol PP Ciamis

CIAMIS, iNewsCiamisRaya.id – Kebakaran terus mengancam lahan warga di Ciamis. Dalam dua minggu terakhir setidaknya telah terjadi 4 kali kebakaran lahan dan kebun di 4 lokasi yang berbeda. Dan ke 4 peristiwa kebakaran lahan tersebut terjadi sore hari.

Terakhir yang menimpa lahan kebun milik Tajudin (48) di Dusun Cihaurgeulis RT 04 RW 19 Desa Kawunglarang, Rancah, Ciamis, Senin (26/8/2024) jam 16.35 WIB sore.

Kobaran api yang melalap lahan kebun milik Tajudin tersebut dari pembakaran sampah yang ditinggalkan begitu saja oleh pemilik kebun.

Menurut Kabid Damkar dan Penyelamatan Satpol PP Ciamis, Fery Rochwandi, amuk api yang melalap lahan kebun milik Tajudin tersebut diketahui oleh Aman (35) aparat desa yang juga warga Dusun Gudang RT 07 RW 18 Desa Kawunglarang yang sore tersebut tengah melintas di jalan dekat lokasi kebakaran.

Khawatir kobaran api terus meluas yang bisa mengancam pengguna jalan maupun pemukiman warga, Aman, yang juga aparat Desa Kawunglarang tersebut langsung menghubungi petugas Damkar yang siaga piket di Pos WMK Rancah.

Lima petugas Damkar dari Pos WMK Rancah bergegas ke lokasi dengan menggunakan mobil pancar Z 9914 V. Petugas Damkar bersama personil TNI dari Koramil Rancah bersama warga berjibaku memadamkan kobaran api yang sedang melalap lahan kebun milik warga tersebut. 

Sekitar pukul 17.30 WIB Senin sore tersebut petugas Damkar kembali ke Pos WMK Rancah setelah amuk api berhasil diredam dipadamkan.

"Asal api dari pembakaran sampah di kebun yang ditinggalkan begitu saja oleh pemilihnya. Sehingga api merembet dan meluas melalap bagian kebun yang banyak semak belukarnya,” ujar Fery.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut