get app
inews
Aa Read Next : Timnas Indonesia vs Timnas Korsel Piala Asia U-23 2024, Bacawalkot Banjar Atet Handiyana Gelar Nobar

Ini Syarat yang Harus Dikantongi Calon Kepala Daerah Independen di Kota Banjar

Kamis, 18 April 2024 | 14:05 WIB
header img
Syarat yang harus dikantongi Calon Kepala Daerah Independen di Kota Banjar. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Budiana Martin

BANJAR, iNewsCiamisRaya.id - Mengikuti pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 Kota Banjar bisa melalui jalur perseorangan atau independen.

Namun, ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi oleh seorang calon kepala daerah jika ingin mencalonkan diri dalam Pilkada 2024 tanpa diusung oleh partai politik.

Ketua KPU Kota Banjar Muhammad Mukhlis menuturkan syarat yang harus dipenuhi oleh calon Wali Kota (Bacawalkot) kepala daerah jika menempuh jalur perseorangan atau independen.

"Jika ada seseorang yang mencalonkan diri sebagai calon Wali Kota lewat jalur mandiri atau independen syaratnya minimal dia mengantongi dukungan sebesar sepuluh persen suara jumlah daftar pemilih tetap di Banjar," katanya, Kamis (18/4/2024).

Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kota Banjar pada Pemilu terakhir ada sekitar 150 ribu DPT. Jika dikalkulasikan 10 persen maka dukungan yang harus dikantongi oleh calon Wali Kota Independen yaitu sebanyak 15 ribu suara.

"Kalau di Banjar calon Wali Kota independen itu harus kantongi 10 persen dukungan suara, untuk di Banjar ini sekitar 15 ribu lebih suara yang harus dikantonginya," kata dia.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Ciamisraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut