get app
inews
Aa Read Next : Prakiraan Cuaca Hari Ini untuk Wilayah Ciamis dan Sekitarnya, Minggu 19 Mei 2024

Digempur Pergeseran Tanah, Rumah Warga di Ciamis Terancam Ambruk

Jum'at, 12 April 2024 | 12:02 WIB
header img
Digempur pergeseran tanah, rumah warga di Ciamis terancam ambruk. Foto: Dok FK Tagana Ciamis

CIAMIS, iNewsCiamisRaya.id – Masih dalam suasana lebaran Idul Fitri, Agus Sutoyo (39) bersama istri dan 3 anaknya terpaksa mengungsi.

Rumah permanen yang dihuni Agus sekeluarga di Dusun Mekarjaya RT 02 RW 12 Desa Sagalaherang, Panawangan, Ciamis tersebut terancam ambruk. Digempur pergeseran (gerakan) tanah yang terjadi Kamis (11/04/2024) pukul 23.00 WIB menjelang tengah malam saat hujan lebat mengguyur.

Pergeseran tanah yang dipicu oleh hujan sangat lebat tersebut membuat tembok teras rumah korban rengkah dan ambles. Dinding dan lantai rumah Agus juga rengkah-rengkah menyisakan retakan yang panjang dan rongga yang menganga.

Pergeseran tanah juga mengancam ruas jalan kampung (gang) yang berada di depan rumah korban. Gang kampung di pemukiman warga tersebut rengkah-rengkah dan ambles.

Pergeseran tanah juga membuat jalan aspal jalan besar yang menghubungkan Panawangan dan Sagalaherang rengkah sobek melintang jalan dan terancam ambles.

“Dikhawatirkan terjadinya longsor susulan,” ujar relawan senior FK Tagana Ciamis, Ade Deni kepada iNewsCiamisRaya.id, Jumat (12/4/2024).

Gempuran pergeseran tanah juga terjadi di Dusun Wangunsari RT 35 RW 09 Desa Nagarajaya Panawangan.  Tiga rumah warga retak-retak dinding, lantai dan teras serta terancam ambruk.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut