get app
inews
Aa Read Next : Timnas Indonesia vs Timnas Korsel Piala Asia U-23 2024, Bacawalkot Banjar Atet Handiyana Gelar Nobar

Jaringan Internet Buruk, Ini Penjelasan Diskominfo Kota Banjar

Kamis, 04 April 2024 | 18:40 WIB
header img
Jaringan internet buruk, ini penjelasan Diskominfo Kota Banjar. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Budiana Martin

BANJAR, iNewsCiamisRaya.id - Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Banjar Dede Tito Ismanto meluruskan terkait kendala pelayanan sentralisasi jaringan internet di wilayahnya.

Ia mengatakan bahwa permasalahan layanan internet di Kota Banjar beberapa waktu lalu terjadi bukan pada akses internetnya, melainkan progres integrasi sistem server di setiap organisasi perangkat daerah (OPD).

"Secara umum permasalahan kemarin itu lumrah atau sudah biasa terjadi ketika masa transisi perubahan layanan internet dari operator A ke operator B," kata Tito kepada iNewsCiamisRaya.id, Kamis (4/4/2024).

Menurut Tito, kendala yang terjadi kemarin berpengaruh hanya ke beberapa OPD saja bukan keseluruhan titik yang terpasang jaringan internetnya.

Dan untuk kendala itu kini telah selesai dalam masa uji coba layanan sentralisasi pada Maret 2024 ini.

"Sehingga persoalan teknisnya sudah selesai," ucapnya.

Dalam hal ini, Tito pun menjelaskan apa yang terjadi pada 25 Maret 2024 kemarin dimana persoalan itu hanya kendala teknis terhadap akses aplikasi layanan yang didistribusikan oleh BPKPD.

"Kemarin itu yang aplikasi pajak mengalami gangguan teknis saja, itu disebabkan IP address servernya tidak bisa diakses dari luar karena adanya proses filtering firewall pada router internal yang menyebabkan web server tidak dapat diakses," jelasnya.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Ciamisraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut