get app
inews
Aa Read Next : 8 Kuliner Khas Ciamis Legendaris yang Menggugah Selera, Wajib Dicoba!

Ngabuburit Ala Ibu Dena, Beri Makan Kucing-Kucing Terlantar di Sejumlah Lokasi di Ciamis Kota

Rabu, 20 Maret 2024 | 08:28 WIB
header img
Ngabuburit ala Ibu Dena, beri makan kucing-kucing terlantar di sejumlah lokasi di Ciamis Kota. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Andri M Dani

Tak hanya di sekitar jalan kawasan IC, Ibu Dena juga menyantuni kucing-kucing terlantar di sekitar GGT, Stadion Ciamis juga Alun-Alun Ciamis. Setiap hari warga Jl Sutadinata Lingkungan Bolenglang tersebut mengeluar uang sekitar Rp 200.000 untuk memberi pakan kucing baik berupa kerupuk khusus maupun pasta ikan dalam kaleng.

Ada sekitar 40 ekor kucing terlantar di kawasan kota galendo tersebut yang setiap sore menunggu kedatangan Ibu Dena.   

Dengan menggunakan tas khusus berisi pakan kucing, Ibu Dena keliling Ciamis Kota mendatangi kucing-kucing yang selalu setia menunggu setiap sore di lokasi-lokasi yang sudah rutin didatanginya.

“Hari ini aku menemukan satu dus berisi bangkai kucing. Rupanya tadi ada yang buang bangkai anak kucing,” ungkap Ibu Dena sembari memperlihatkan kantong kresek berisikan kardus yang ada bangkai anak kucing yang sudah menyebar bau busuk.

Rencananya bangkai kucing tersebut akan dibawanya pulang untuk dikuburkan. Dengan kecintaannya pada kucing, Ibu Dena secara khusus menyediakan bagian pekarangan belakang rumahnya untuk tempat kuburan kucing. Sudah ada 13 ekor kucing mati terlantar yang dikuburkan di situ.

“Sudah penuh juga tempatnya sebenarnya,” imbuhnya.

Ibu Dena juga tak jarang dengan rasa kasihan membawa kucing-kucing yang terlantar ke klinik hewan karena sakit.

Sebagai penyayang kucing, Ibu Dena berharap agar kucing-kucing terlantar tersebut selalu sehat. Tapi populasinya jangan terus bertambah. Mudah-mudahan Dinas Peternakan bisa melakukan sterilisasi kucing-kucing terlantar tersebut agar tidak terus berkembang biak. Seperti yang dilakukan di Kota Bandung.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Ciamisraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut