get app
inews
Aa Read Next : Warga Kota Banjar Rela Antre untuk Mendapatkan Air Bersih

Tebing Blok Ciketok Longsor, Runtuhannya Tutup Ruas Jalan Cibeureum-Sindanglaya Sukamantri

Sabtu, 10 Februari 2024 | 21:32 WIB
header img
Tebing Blok Ciketok longsor, runtuhannya tutup ruas jalan Cibeureum-Sindanglaya Sukamantri. Foto: Dok FK Tagana Ciamis

CIAMIS, iNewsCiamisRaya.id - Setelah diguyur hujan lebat disertai angin kencang sejak sore harinya, tebing setinggi 5 meter di Blok Ciketok Dusun Sindangkalangon Desa Sindanglaya, Sukamantri, Ciamis longsor pukul 23.00 WIB, Jumat (10/02/2024) menjelang tengah malam.

Runtuhan tebing setinggi 5 meter lebar 10 meter tersebut menutup ruas jalan Cibeureum-Sindanglaya-Mekarwangi sepanjang 12 meter. Badan jalan selebar 3 meter tertutup total dengan tinggi timbunan longsor mencapai 2 meter.

“Jangan kan mobil dan sepeda motor, pejalan kaki juga tidak bisa lewat,” ujar Alan Hariri, relawan Tagana di Sukamantri kepada iNewsCiamisRaya.id, Sabtu (10/02/2024).

Akibat timbunan longsor tersebut akses lalu lintas dari Cibeureum (Sukamantri) menuju Sindanglaya dan dari arah Sindanglaya menuju Mekarwangi sempat terputus total.

Karena kondisi gelap dan sudah larut malam. Evakuasi puing longsor baru dilakukan, Sabtu (10/02/2024) pagi. Semula oleh gotong warga bersama aparat desa maupun kecamatan serta unsur TNI/Polri, relawan Tagana serta BPBD. Kemudian dilanjutkan dengan menggunakan alat berat dari Dinas PUPR Ciamis.

Setelah timbunan longsor yang menutup ruas jalan kabupaten tersebut disingkirkan dengan menggunakan alat berat, menurut Alan, akses lalu lintas dari Cibeureum menuju Sindanglaya dan Mekarwangi normal kembali sekitar pukul 16.00 WIB Sabtu (10/02/2024) sore.

“Tadi sore akses lalu lintas sudah normal kembali setelah alat berat dari PUPR turun ke lokasi menyingkirkan puing longsor,” imbuhnya,

Lokasi longsor di Blok Ciketok Sindangkalangon tersebut jauh dari pemukiman warga, di bawah lokasi jalan merupakan hamparan kebun cabai dan sayur mayur.

 

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut