get app
inews
Aa Read Next : Prakiraan Cuaca Hari Ini untuk Wilayah Ciamis dan Sekitarnya, Senin 13 Mei 2024

MTs Utama Juara Tingkat SLTP Putra di Liga Pelajar Ciamis Piala Tut Wuri Handayani ke-17

Senin, 15 Januari 2024 | 21:18 WIB
header img
MTs Utama juara tingkat SLTP Putra di Liga Pelajar Ciamis Piala Tut Wuri Handayani ke-17. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Andri M Dani

Ketua Forum Pemuda Galuh, penyelenggara Liga Pelajar Ciamis (Piala Tut Wuri Handayani), Adang Ija Sudrajat, tahun ini  turnamen sepak bola Piala Tut Wuri Handayani mengukir sejarah.

“Setelah 17 kali Piala Tut Wuri Handayani digelar (sejak tahun 2005), baru tahun ini sekolah berbasis keagamaan (madrasah) keluar sebagai juara. Ini suatu sejarah bagi pembinaan sepak bola di tingkat sekolah di Ciamis,” ujar Adang Ija Sudrajat kepada iNewsCiamisRaya.id, Senin (15/01/2024). 

Menurut Adang, pada Liga Pelajar Ciamis 2023/2024 Piala Tut Wuri Handayani ke-17 dari 8 tim putri, 35 tim putra SLTP (SMP/MTs) dan 35 tim putra SLTA (SMA/SMK/Aliyah) yang ikut liga pelajar Ciamis tersebut tiga tim dari sekolah berbasis keagamaan (madrasah) lolos ke babak semifinal.

Masing-masing Mts Utama, MTs Darussalam (tingkat SLTP) dan MAN Darussalam (MAN 1 Ciamis). Bahkan MTs Utama lolos ke final dan berhasil jadi juara liga tingkat SLTP.

Untuk meraih prestasi tersebut, pembinaan yang dilakukan sekolah untuk tim MTs Utama itu pun tidak tanggung-tanggung. Para pelajar yang tergabung dan tim sepak bola MTs Utama tersebut mendapat sentuhan langsung tangan piawai coach Heri Kiswanto (Herkis) mantan pelatih klub Liga 1.

Secara rutin tiap bulan coach Herkis memberikan kursus les privat sepak bola bagi pelajar-pelajar Mts Utama yang berbakat sepak bola tersebut. Kursus les privat sepakbola tersebut rutin berlangsung di lapangan sepak bola Desa Kertaharja Cijeungjing Ciamis.

“Sebenarnya pemain dari Tim SMPN 4 Ciamis juga ada rutin yang ikut les privat bersama coach Herkis di Lapangan Kertaharja tersebut. Sama-sama siswa les privat coach Herkis,” ujar Andang Irfan Sahara, pembina tim sepak bola MTs Utama kepada iNewsCiamisRaya.id disela-sela laga final Piala TWH ke-17 (Liga Pelajar Ciamis 2023/2024) di Stadion Galuh Ciamis Senin (15/01/2024) sore. 

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Ciamisraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut