get app
inews
Aa Read Next : Timnas Indonesia vs Timnas Korsel Piala Asia U-23 2024, Bacawalkot Banjar Atet Handiyana Gelar Nobar

Jejak Sejarah Stasiun KA Karangpucung di Kota Banjar

Selasa, 26 Desember 2023 | 18:42 WIB
header img
Jejak sejarah Stasiun KA Karangpucung di Kota Banjar. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Budiana Martin

BANJAR, iNewsCiamisRaya.id - Stasiun Kereta Api (KA) Karangpucung merupakan salah satu stasiun legendaris yang ada di Kota Banjar, Jawa Barat.

Keberadaan Stasiun yang berada di Desa Jajawar, Kota Banjar ini memiliki banyak nilai histori dalam sejarah pembangunan jalur Kereta Api di wilayah Priangan Timur, khususnya Ciamis.


 

Dimana, pembangunan Stasiun kelas III awalnya tak ada di dalam blueprint atau cetak biru rencana pembangunan jalur Kereta Api di Priangan Timur.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari sejumlah literatur, bahwa waktu itu ada dua pembangunan yang awalnya tidak ada dalam blueprint.

Kedua pembangunan tersebut yaitu Stasiun Kereta Api Karangpucung dan Jembatan KA Cirahong di perbatasan wilayah Ciamis dan Tasikmalaya.

Pada waktu itu, Pemerintah Kolonial Belanda merencanakan pembangunan Kereta Api di Priangan Timur melewati jalur dari Tasikmalaya, Manonjaya, Cimaragas lalu ke Banjar.

Artinya dalam perencanaan jalur Kereta Api tadinya tidak akan melintas ke arah Ciamis. Rencana itu cukup logis karena jika harus membangun jembatan untuk masuk ke Ciamis tentu harus membutuhkan sumber daya atau biaya yang tinggi.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut