get app
inews
Aa Read Next : Menakar Peluang Calon Independen pada Pilkada Kota Banjar 2024

Lukas Enembe Mantan Gubernur Papua Terdakwa Suap dan Gratifikasi Meninggal Dunia, Ini Profilnya

Selasa, 26 Desember 2023 | 15:21 WIB
header img
Lukas Enembe mantan Gubernur Papua terdakwa suap dan gratifikasi meninggal dunia. Foto: SINDOnews/Sutikno

JAKARTA, iNewsCiamisRaya.idLukas Enembe, mantan Gubernur Papua meninggal dunia pada Selasa (26/12/2023), saat dirawat di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta.

Kepala RSPAD Gatot Soebroto Letjen TNI Albertus Budi Sulistya, membenarkan terkait kabar meninggalnya Lukas Enembe.

“Betul (Lukas Enembe meninggal dunia) pukul 10.45 WIB,” kata Budi saat dikonfirmasi, Selasa (26/12/2023).

Lukas Enembe berstatus sebagai terdakwa kasus suap dan gratifikasi sejumlah proyek infrastruktur yang bersumber dari APBD Papua. Kasusnya ditangani oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Profil Lukas Enembe Mantan Gubernur Papua

Lukas Enembe menjadi sorotan publik setelah ditetapkan sebagai tersangka suap dan gratifikasi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan divonis bersalah atas kasus tersebut saat menjabat sebagai gubernur Papua 2013-2022.

Dilansir dari Lukasenembe.com, Lukas Enembe lahir pada 27 Juli 1967 di Kampung Mamit, Distrik Kembu, Kabupaten Tolikara, Papua. Dia lulusan Universitas Sam Ratulangi Manado tahun 1995 dari Ilmu Sosial dan Politik.

Setelah itu dia melanjutkan pendidikan di luar negeri tepatnya di The Christian Leadership & Secound Leanguestic di Cornerstone College, Australia, tahun 2011. Lukas Enembe menikahi Yulce W Enembe dan dikaruniai tiga anak.

Menjadi wakil bupati Puncak Jaya berpasangan dengan Eliezer Renmaur pada periode 2001-2005 adalah langkah awal dalam karier politiknya.

Kemudian pada tahun 2006, Lukas Enembe mengalami kekalahan dalam kontestasi pemilihan gubernur provinsi Papua dan harus mengakui keunggulan Barnabas Suebu yang terpilih.

Pada Pemilihan Umum 2013, Lukas Enembe berhasil terpilih sebagai Gubernur Papua, didampingi oleh wakilnya, Klemen Tinal. Selanjutnya pada 2018, ia kembali terpilih sebagai Gubernur Papua untuk masa jabatan 2018-2023.

Enembe bersama wakilnya Klemen Tinal memenangkan Pilkada 2018 pada 27 Juli 2018. Sehingga mereka menjabat dalam dua periode berturut-turut.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Ciamisraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut