get app
inews
Aa Read Next : Sering Lolos Piala Dunia, Ini 7 Negara yang Hobi Pakai Pemain Naturalisasi

5 Negara Ini Dijuluki sebagai Kiblat Sepakbola Dunia, Nomor 3 Pengoleksi Gelar Juara Terbanyak

Kamis, 21 Desember 2023 | 10:44 WIB
header img
Negara yang dijuluki kiblat sepakbola dunia. Foto: Reuters

JAKARTA, iNewsCiamisRaya.id – Ada 5 negara yang dijuluki sebagai kiblat sepakbola dunia, karena keberhasilan mereka dalam dunia sepakbola, baik dari segi prestasi tim nasional maupun prestasi klub. Negara-negara ini dikenal karena sejarah panjang dan prestasi gemilang dalam dunia sepakbola.

Kehadiran pemain-pemain berkualitas sangat penting dalam meraih kesuksesan di dunia sepakbola. Banyak negara yang memiliki sejumlah bintang sepakbola yang menjadi ikon dalam olahraga ini. Pemain-pemain hebat ini tidak hanya berperan dalam tim nasional, tetapi juga memainkan peran penting dalam klub-klub top di liga-liga terkemuka di dunia.

Prestasi yang diraih dan kehebatan para pesepakbola dari beberapa negara telah menjadikan mereka sebagai kiblat atau pusat perhatian dalam dunia sepakbola. Keberhasilan ini tidak hanya tercermin dalam jumlah trofi dan gelar yang mereka raih, tetapi juga dalam cara mereka mempengaruhi perkembangan sepakbola secara global.

Penasaran, negara mana saja yang dijuluki sebagai kiblat sepakbola dunia? Berikut artikelnya.

Negara yang Dijuluki Kiblat Sepakbola Dunia

1. Inggris


 

Inggris menjadi negara asal dari banyak pesepakbola top dunia. Nama-nama seperti Harry Kane, Jack Grealish, Jude Bellingham dan masih banyak lagi lainnya merupakan pesepakbola muda berbakat dan telah menunjukkan kemampuan mereka di level klub maupun tim nasional.

Kehadiran sejumlah pemain bintang telah membawa Inggris menjadi salah satu tim kuat di dunia. Mereka telah tampil impresif di banyak turnamen bergengsi dan terus menunjukkan performa yang mengesankan.

Tak mengherankan, Inggris telah menjadi kiblat sepakbola dunia tidak hanya karena prestasi tim nasionalnya, tetapi juga karena kompetisi level klub di sana, terutama Liga Inggris, yang dikenal sebagai salah satu kompetisi sepakbola terbaik di dunia. Liga Inggris menarik banyak perhatian global karena intensitas, kualitas, dan daya saingnya yang tinggi.

2. Italia


 

Salah satu negara yang dijuluki kiblat sepakbola dunia adalah Italia. Sepakbola di sana berjalan dengan begitu maju.

Liga Serie A Italia merupakan salah satu liga terbaik di dunia, dan klub-klubnya menarik banyak pesepakbola top dunia. Beberapa klub elite di Italia, seperti AC Milan, Inter Milan, Juventus, Napoli, dan AS Roma, memiliki prestasi yang gemilang.

Selain liga yang berjalan baik, Timnas Italia juga sukses mengukir prestasi manis di berbagai ajang. Italia bahkan sudah menjuarai Piala Dunia sebanyak 4 kali! Teranyar, gelar juara itu didapat pada 2006.

3. Brasil


 

Brasil dianggap sebagai salah satu negara yang tersukses dalam mengembangkan dunia sepakbola.

Di Brasil, banyak sekali pesepakbola top dunia lahir. Salah satunya tentu saja ada sang pesepakbola legendaris dunia, yakni Pele. Kemudian, ada Ronaldo Luis, Ronaldinho, dan kini juga ada bintang-bintang muda seperti Neymar Jr, Vinicius Jr, Gabriel Jesus, dan masih banyak lagi lainnya.

Timnas Brasil pun sukses besar dalam mentas di Piala Dunia. Mereka telah 5 kali menjadi juara di ajang itu sehingga menjadi pengoleksi gelar juara terbanyak sampai saat ini.

4. Jerman


 

Kemudian, ada Jerman. Sama seperti Italia, Jerman juga punya kiprah mentereng di dunia sepakbola, termasuk Piala Dunia. Mereka juga sudah 4 kali menjuarai Piala Dunia dari 8 laga final yang dijalani. Teranyar, gelar juara didapat pada Piala Dunia 2014.

Jerman pun punya liga yang berjalan dengan begitu baik. Liga disana jadi tujuan banyak pesepakbola dunia untuk meniti karier, di antaranya ada Harry Kane yang kini membela Bayern Munich.

5. Spanyol


 

Spanyol memiliki perkembangan sepakbola yang tak kalah apik dari negara-negara lainnya. Spanyol sudah pernah merebut gelar juara Piala Dunia, yakni pada 2010.

Liga di Spanyol juga berjalan begitu baik. Ada banyak klub top dunia yang berhasil mengukir karier manis di level domestik hingga Eropa, seperti Barcelona hingga Real Madrid.

Tak ayal, negara ini juga jadi kiblat sepakbola hingga banyak pesepakbola bintang dunia ingin berkarier di sana. Dulu, Liga Spanyol pun pernah diramaikan oleh kehadiran mega bintang sepakbola dunia, yakni Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Artikel ini telah diterbitkan di halaman Okezone dengan judul "5 Negara yang Dijuluki Kiblat Sepakbola Dunia, Ada Indonesia?"

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut