get app
inews
Aa Read Next : Prakiraan Cuaca Hari Ini untuk Wilayah Tasikmalaya dan Sekitarnya, Kamis 16 Mei 2024

ISSI Jabar Apresiasi Lodaya Siliwangi Ride 2023, Diharapkan Jadi Agenda Tahunan

Senin, 06 November 2023 | 10:26 WIB
header img
Ketua Pengprov ISSI Jawa Barat, Iman Firmansyah (kanan) dan Ketua Panitia Lodaya-Siliwangi Ride 2023, Kombes Pol Deni Okvianto, SIK (kiri). Foto: Istimewa

PANGANDARAN, iNewsCiamisRaya.id - Ketua Umum Pengprov ISSI Jabar, Iman Firmansyah, memberikan apresiasi tinggi terhadap penyelenggaraan lomba balap sepeda road bike (RB) ‘Lodaya-Siliwangi Ride 2023’.

Iman menilai, kejuaraan yang digelar Sabtu (4/11/2023) dengan rute Tasikmalaya-Pangandaran sejauh 174 kilometer  dan diikuti sebanyak 550 peserta dari Jabar dan provinsi lainnya sangat layak menjadi agenda tahunan bagi ISSI Jabar.

"Saya sangat mengapresiasi kejuaraan balap sepeda yang digagas Bapak Kapolda Jawa Barat ini. Ini sangat layak jadi agenda tahunan," kata Iman, dalam keterangannya, Minggu (5/11/2023).

Bagaimana tidak, lanjut Iman, dari sisi penyelenggaraan event dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda ini, panitia bekerja sangat profesional. Pihak panitia hanya melakukan persiapan tiga pekan untuk menggelar lomba sekualitas ini.

‘’Dalam tiga pekan saja bisa menggaet sebanyak 550 pembalap dengan penyelenggaraan yang nyaris sempurna. Apalagi kalau persiapannya hingga dua bulan, mungkin jumlah peserta bisa sampai 1.000,’’ kata Iman.

Belum lagi, kata Iman, atlet yang ikut ambil bagian banyak yang berlatar belakang pembalap nasional dari sejumlah klub ternama di tanah air. Bahkan ada atlet juara di ajang SEA Games dan Asian Games.

‘’Jadi sejumlah pembalap yang mengikuti lomba ini bukan atlet kaleng-kaleng. Mereka pernah jadi juara di tingkat regional hingga internasional,’’ ujar Iman.

Dari sisi pembinaan atlet, sambung Iman, lomba balap sepeda ini juga menjadi ajang uji kemampuan atlet dibawah 21 tahun.

Menurut catatan, kata dia, selama enam tahun terakhir Jabar tertinggal dari Jatim dalam pembinaan atlet usia dibawah 21 tahun. Salah satu faktornya yaitu minimnya kejuaraan di Jabar.

‘’Karenanya ISSI Jawa Barat berterima kasih kepada Bapak Kapolda Jawa Barat yang secara tidak langsung membantu pembibitan atlet muda  melalui ajang lomba ini. Animo pembalap usia dibawah 21 tahun ini juga saya lihat sangat besar mengikuti lomba ini,’’ tutur Iman.

Iman berharap dengan adanya  ‘Lodaya-Siliwangi Ride 2023’ akan melahirkan pebalap-pebalap Jabar yang bisa berkiprah di tingkat nasional maupun internasional.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut