get app
inews
Aa Read Next : Timnas Indonesia vs Timnas Korsel Piala Asia U-23 2024, Bacawalkot Banjar Atet Handiyana Gelar Nobar

Kegiatan Pramuka Daring Terbesar Dunia Diikuti Ratusan Siswa di Kota Banjar

Sabtu, 21 Oktober 2023 | 17:15 WIB
header img
Ratusan siswa di Kota Banjar mengikuti Jambore On The Air (JOTA) dan Jambore On Internet (JOTI) 2023, yang merupakan perhelatan Pramuka terbesar di dunia. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Budiana Martin

BANJAR, iNewsCiamisRaya.id – Sebanyak 353 siswa di Kota Banjar mengikuti Jambore On The Air (JOTA) dan Jambore On Internet (JOTI) 2023, yang merupakan perhelatan Pramuka terbesar di dunia. Kegiatan ini merupakan acara Pramuka digital yang diadakan melalui jaringan internet dan gelombang radio.

Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jawa Barat dan Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) lokal Kota Banjar.

Kegiatan JOTA-JOTI ini merupakan acara Pramuka digital terbesar yang diadakan melalui jaringan internet dan gelombang radio. Melalui JOTA-JOTI, siswa-siswi Pramuka dari berbagai negara dapat berkomunikasi dan berinteraksi satu sama lain secara virtual.

Ketua ORARI Lokal Kota Banjar, Yana Bachyan, menyatakan bahwa JOTA-JOTI adalah kegiatan rutin yang selalu dilaksanakan oleh ORARI bersama Pramuka.

"Jadi kami ini mengajarkan kepada ade-ade pramuka di Kwarcab Kota Banjar agar mereka mengenal tentang jaringan internet dan gelombang radio,"katanya saat ditemui di Sekretariat ORARI Lokal Banjar. Sabtu (21/10/2023).

Ia menyatakan bahwa JOTA-JOTI merupakan bentuk pembinaan yang diberikan kepada anggota Pramuka, khususnya mereka yang masih tingkat pelajar.

"Nantinya mereka bisa mengimplementasikan pengetahuan ini untuk berkoordinasi dengan pramuka se-Indonesia dan komunikasi dengan luar negri," ujarnya.

Wakil Ketua Sekretaris Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Banjar, Lutpi Hikmawan, mengatakan, kegiatan ini memiliki banyak manfaat bagi ORARI dan pramuka.

Sehingga kerjasama ini harus terus dilaksanakan supaya anak-anak pramuka memiliki keterampilan lebih terkait komunikasi terutama komunikasi radio.

"Komunikasi radio ini berbeda dengan komunikasi langsung jadi mereka bisa lebih memahami juga skill-skill yang ada di dalam pramuka seperti morse,"ucapnya.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Ciamisraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut