get app
inews
Aa Read Next : Viral, Wanita Asal Banjar Pingsan saat Antre Mie Gacoan di Ciamis

Benarkan Minum Usai Makan Berbahaya untuk Kesehatan? Ini Kata Dokter

Rabu, 23 Agustus 2023 | 21:06 WIB
header img
Minum usai makan. Foto: Freepik

JAKARTA, iNewsCiamisRaya.id – Baru-baru ini viral sebuah konten TikTok yang menyebutkan bahwa minum setelah makan dapat berbahaya bagi kesehatan.

Pengguna TikTok tersebut berpendapat bahwa minum setelah makan dapat mengganggu saluran pencernaan.

Ada beberapa alasan yang diungkapkan, mulai dari makanan yang tidak bisa dicerna dengan baik karena glukosa dalam makanan akan menjadi lemak dan memicu kadar insulin, memicu asam lambung serta membuat penyerapan kandungan gizi makanan tidak sempurna.

Usai video itu viral dan memicu perdebatan warganet, konten ini mendapat banyak sorotan dari dokter. Salah satunya dari Decsa Medika Hertanto seorang Dokter Spesialis Dalam.

Dokter Decsa menyatakan bahwa konten tersebut tidaklah valid alias keliru. Justru sebaliknya, ia menegaskan, minum setelah makan sebenarnya membantu saluran pencernaan dalam mencerna makanan.

“Cuma menghela nafas. Jadi tidak valid ya teman-teman. Minum air putih setelah makan justru membantu saluran pencernaan kita untuk mencerna makanan,” ujar Dokter Decsa, melalui cuitan di akun Twitternya, @decsamh, Rabu, (23/8/2023).

Dokter Decsa mengingatkan bahwa tidak minum setelah makan dapat memicu berbagai masalah, dan ia menyertakan sumber dari laman Mayoclinic untuk mendukung penjelasannya.

“Malah kalo gak minum air bikin keselek, tenggorokan jadi seret, kembung, sama haus,” ungkapnya.

Selain itu ia menegaskan kembali, bahwa air putih dapat membantu penyerapan nutrisi dari makanan yang kita konsumsi. Air putih juga bisa membuat feses menjadi lebih lunak sehingga membuat proses buang air besar menjadi lebih lancar.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Ciamisraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut