get app
inews
Aa Read Next : 5 Kebiasaan yang Dapat Merusak Otak, Salah Satunya Duduk dalam Waktu Lama

Inilah 8 Manfaat Tauge bagi Kesehatan, untuk Kesuburan hingga Turunkan Kolesterol

Sabtu, 17 Juni 2023 | 13:57 WIB
header img
Manfaat Tauge untuk Kesehatan. Foto: Freepik

JAKARTA, iNewsCiamisRaya.idTauge baik dikonsumsi untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Tak diragukan lagi, sayuran tersebut terbukti sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan hingga ampuh menurunkan kadar kolesterol dalam darah sehingga dapat menekan resiko terkena penyakit stroke dan jantung

Tauge merupakan sumber antioksidan yang baik. Selain rendah kalori juga memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Sayuran ini juga mengandung konsentrasi vitamin C yang tinggi hingga protein dan serat yang memberikan kerenyahan yang khas.

Dilansir dari Webmd, Sabtu (17/6/2023) dan berbagai sumber, berikut beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi tauge.

Manfaat Tauge untuk Kesehatan

1. Menyehatkan Sperma

Tauge dapat meningkatkan kesuburan. Nutrisi yang terkandung dalam tauge ini dipercaya dapat meningkatkan produksi dan kualitas sperma yang sehat. Selain itu Vitamin C dapat melindungi sperma dari kerusakan dan meningkatkan mobilitas sperma.

2. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Menurut banyak penelitian, tauge mengandung serat yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan. Sebagian besar serat ini adalah serat tidak larut, yang berfungsi sebagai prebiotik dan memberi makan bakteri baik di usus.

Bakteri ini penting untuk menjaga sistem pencernaan yang stabil dan sehat, serta dapat membantu mengurangi gejala seperti kembung maupun gas.

3. Menurunkan Kadar Gula Darah

Tauge memiliki kadar karbohidrat yang lebih rendah, yang dapat membantu mengontrol kadar insulin. Hal tersebut dikombinasikan dengan adanya enzim dalam tauge, yang pada gilirannya memengaruhi cara tubuh memecah karbohidrat.

4. Rendah Kalori

Sekitar 100 gram tauge, mengandung kurang lebih sekitar 100 kalori, dan telah dikemas dengan semua nutrisi penting. Mengonsumsi tauge bisa membantu mengendalikan rasa lapar dan membantu menurunkan berat badan.

5. Detoksifikasi pada Tubuh

Tauge membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membersihkan tubuh. Klorofil dalam tauge sangat membantu dalam menghilangkan racun dari sel dan sistem limfatik. Enzim dalam tauge memudahkan proses pencernaan yang juga membantu membuang racun.

6. Meningkatkan Penglihatan

Kebaikan vitamin A dalam tauge berperan penting dalam meningkatkan penglihatan. Tauge juga memiliki sifat antioksidan yang membantu melindungi sel-sel mata dari kerusakan oksidatif radikal bebas yang dapat menyebabkan hilangnya penglihatan dan glaukoma dini.

Asupan tauge setiap hari juga mengurangi risiko masalah terkait mata seperti rabun senja, degenerasi otot, dan pembentukan katarak.

7. Membantu Pertumbuhan Rambut

Kandungan vitamin C yang cukup, tauge secara aktif membantu pertumbuhan rambut. Tauge dapat menghambat kerusakan radikal bebas pada folikel rambut.

Di mana hal itu akan mengurangi kerontokan rambut, menghilangkan ketombe dari kulit kepala, dan memperbaiki tekstur dan pertumbuhan rambut. Tingginya antioksidan pada tauge bisa mencegah uban.

8. Menurunkan Kolesterol

Mengonsumsi tauge dapat menurunkan kadar kolesterol pada penderita diabetes atau obesitas. Satu studi menunjukkan peningkatan kolesterol baik serta penurunan trigliserida dan kolesterol jahat.

Tingkat kolesterol yang lebih rendah terhubung dengan risiko penyakit jantung dan aterosklerosis yang lebih rendah pula.

Itulah 8 manfaat yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi tauge. Semoga bermanfaat!

Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews dengan judul "7 Manfaat Konsumsi Tauge untuk Kesehatan, Ampuh Turunkan Kolesterol"

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut