get app
inews
Aa Read Next : Prakiraan Cuaca Hari Ini untuk Wilayah Ciamis dan Sekitarnya, Senin 20 Mei 2024

Persiapan Lebaran, Ibu-Ibu Serbu Pedagang Bumbu Dapur di Pasar Manis Ciamis

Jum'at, 21 April 2023 | 14:41 WIB
header img
Persiapan Lebaran, Ibu-ibu Serbu Pedagang Bumbu Dapur di Pasar Manis Ciamis. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Muhamad Iqbal

CIAMIS, iNewsCiamisRaya.id - Mulai H-5 hingga H-1 jelang perayaan Idul Fitri 1444 Hijriyah, para pedagang bumbu dapur di Pasar Manis Ciamis jadi buruan ibu-ibu untuk memasak.

Hal tersebut dibuktikan dengan tradisi warga setiap tahunnya pada perayaan Idul Fitri dengan menyediakan makanan penuh bumbu seperti sayur ketupat, rendang daging, opor ayam dan aneka hidangan makanan lainnya.

Salah seorang pembeli, Lisna (45) mengatakan, ia membeli bumbu dapur untuk melengkapi kebutuhan memasak hidangan pada perayaan Idul Fitri besok.

"Alasannya selain praktis, juga tidak repot lagi untuk memikirkan takarannya, jadi bisa lebih mempersingkat waktu untuk membuat masakan," kata Lisna, Jumat (21/4/2023).

 

Lisna menuturkan, untuk membeli bumbu dapur hanya tinggal menyebutkan jumlah kilogram daging saja, kemudian pedagang bumbu nantinya akan menyesuaikan jumlah daging yang akan dimasak.

"Rata-rata harga per bungkusnya itu Rp 10 ribu yang diperuntukan 1-2 Kilogram daging ayam atau sapi. Dengan harga ini tentu lebih murah ketimbang menggiling sendiri yang membutuhkan bahan bumbu dengan biaya lebih mahal," tuturnya.

Lisna menambahkan, di hari sebelum menjelang lebaran, biasanya 1 bungkus bumbu dapur dijual dengan harga Rp 8 ribu. Saat ini diakui Lisna, bumbu dapur naik menjadi Rp 10 ribu dengan harus mengantre lebih lama.

"Harganya naik, mungkin karena mau lebaran. Tapi dengan adanya bumbu dapur ini ibu-ibu bisa lebih praktis. Ada juga bumbu dapur untuk masakan lainnya dan bahan pokok seperti santan kelapa, bungkus ketupat dan daging ayam maupun sapi," pungkasnya.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut