get app
inews
Aa Read Next : Babak 16 Besar Liga 3 Nasional Grup B, Laga Perdana PSGC Ciamis Libas NZR Sumbersari Malang 2-1

Jelang Ramadan, Ribuan Santri di Ciamis Gelar Munggahan Makan Bareng Nasi Liwet 1.001 Kastrol

Selasa, 21 Maret 2023 | 14:27 WIB
header img
Jelang Ramadan, Ribuan Santri di Ciamis Gelar Munggahan Makan Bareng Nasi Liwet 1.001 Kastrol. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Muhamad Iqbal

CIAMIS, iNewsCiamisRaya.id - Sebanyak 15 ribu lebih santri dan santriwati se-Kabupaten Ciamis mengikuti tradisi munggahan menjelang bulan suci Ramadhan. Para santri menggelar makan bareng nasi liwet sebanyak 1.001 kastrol di Lapang Stadion Galuh Ciamis, Kabupaten Ciamis, Senin (20/3/2023).

Adapun kegiatan lain dalam munggahan tersebut di antaranya, pembagian 6 ribu mushaf Alquran bekerja sama dengan waqif para aghnia asli Ciamis. Kemudian ada juga pelantikan pengurus koordinator Kecamatan Forum Silaturahmi Pondok Pesantren, dan penyerahan simbolis Nomor Statistik Pesantren atau NSP dari Kementerian Agama Kabupaten Ciamis.

Ketua Forum Silaturahmi Pondok Pesantren Kabupaten Ciamis sekaligus inisiator kegiatan, KH Nonop Hanafi mengatakan, kegiatan munggahan tersebut merupakan silaturahmi para santri dengan tagline membangun kebersamaan dan persatuan pesantren se-Kabupaten Ciamis.

“Kegiatan munggahan para santri ini tiap tahunnya selalu dilaksanakan, hanya untuk acara gebyar munggahan seperti ini baru kali pertama dilaksanakan, karena animonya lebih besar dan kita melibatkan seluruh ormas Islam," kata KH Nonop Hanafi.

Menurutnya, dalam kegiatan munggahan ini para santri membawa kastrol berisikan nasi liwet dari masing-masing pondok pesantren untuk makan bersama di akhir kegiatan.

"Para santri ini membawa 1.001 kastrol berisikan nasi liwet untuk makan bersama. Dikarenakan cuaca panas berganti hujan, sebagian santri ini pada akhirnya makan bersama di setiap penempatan mobilnya masing-masing," ujarnya.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut