get app
inews
Aa Read Next : 226 Warga Binaan LP Ciamis Dapat Remisi HUT Kemerdekaan RI, 5 Orang Langsung Bebas

Warga Binaan Lapas Kelas IIB Kota Banjar Dilatih Jadi Barista

Senin, 20 Februari 2023 | 19:06 WIB
header img
Warga Binaan Lapas Kelas IIB Kota Banjar Dilatih Jadi Barista. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Muhamad Iqbal

BANJAR, iNewsCiamisRaya.id - Sebanyak 30 warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Kota Banjar dilatih menjadi barista atau pramukopi, Senin (20/2/2023).

Pelatihan barista ini diinisiasi oleh Lapas Kelas IIB Kota Banjar bekerja sama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Banjar.

Pelatihan ini diharapkan menjadi bekal ilmu bagi warga binaan ketika bebas bisa membuka usaha secara mandiri, produktif dan hidup lebih baik.

Kepala Lapas (Kalapas) Kelas IIB Kota Banjar, Muhammad Maulana mengatakan, kegiatan pelatihan ini dilaksanakan secara berkelanjutan kepada warga binaan yang dalam waktu dekat akan bebas.

Dengan pelatihan kerja ini diharapkan menjadi potensi mata pencaharian saat kembali ke masyarakat seusai menjalani hukuman.

“Sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2022, Lembaga Pemasyarakatan (LP) merupakan tempat atau proses pembinaan untuk memperbaiki hubungan kehidupan dan menghidupkan, agar warga binaan tidak mengulangi tindak pidana dan kembali ke masyarakat lebih baik, hidup mandiri, dan produktif," kata Maulana.

Menurutnya, pelatihan tersebut dilaksanakan selama 3 Minggu dengan harapan dapat memberikan keahlian kepada warga binaan.

"Mudah-mudahan pelatihan ini menjadi bekal yang menjadikan mata pencaharian mereka ketika kembali ke masyarakat dan tidak kembali melakukan tindak pidana lainnya," ujarnya.

Sementara itu, mentor pelatihan barista, Rahmat Nugraha mengatakan, warga binaan diajarkan bagaimana membuat minuman dari kopi mulai dari cara menyajikan berbagai kopi manual brew, mengoperasikan alat menyeduh kopi, serta melayani para konsumen kopi.

"Untuk menu yang diajarkan ini cukup banyak mulai dari espresso based kaya americano long black, cappucino, caramel late, es kopi susu gula aren, dan menu-menu lainnya seperti di kedai kopi pada umumnya," kata Rahmat.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut