get app
inews
Aa Read Next : Inilah 5 Cara Mengetahui Siapa Saja yang Menggunakan WiFi Kita

6 Masalah Wi-Fi yang Paling Sering Terjadi dan Cara Memperbaikinya

Rabu, 23 November 2022 | 08:22 WIB
header img
Masalah Wi-Fi yang Paling Sering Terjadi dan Cara Memperbaikinya. Foto: Freepik

3. Kecepatan Internet Terlalu Lambat

Jika kecepatan Wi-Fi kamu lambat dimanapun kamu berada, coba untuk sambungkan laptop ke koneksi internet. Kemudian, uji kecepatan internet dengan menggunakan situs seperti speedtest.net.

Jika kecepatan masih saja lambat, kemungkinan masalahnya ada pada koneksi internet kamu, bukan pada router Wi-Fi yang kamu miliki. Segera hubungi pihak penyedia jasa internet (Internet Service Provider/ISP) kamu.

Jika itu tidak membantu, kamu bisa memperbarui perangkat lunak router, mengubah saluran atau sekedar menghilangkan hambatan yang mengganggu sinyal router yang kamu miliki. Bahkan jika merasa kesulitan, kamu bisa pertimbangkan untuk mengganti router Wi-Fi baru.

4. Tak Ingat Kata Sandi Wi-Fi

Jika kamu benar-benar tidak dapat mengingat kata sandi Wi-Fi Anda, dan tidak ada catatan atau kartu yang menuliskannya di suatu tempat, kamu harus mengatur ulang router dan harus default ke pengaturan pabrik.

ISP kamu mungkin telah membuat nama pengguna dan kata sandi untuk router yang kamu miliki, dan jika kamu belum mengubahnya, detail tersebut biasanya tertera pada stiker di bawah atau di belakang router kamu.

Jika cara tersebut tidak dapat teratasi, kamu bisa menghubungi langsung pihak ISP dan minta bantuan mereka agar dapat mengakses router Wi-Fi serta membantu mengatur ulang kata sandi kamu.

5. Koneksi Wi-FI Terputus

Masalah ini sering muncul di Windows 10 karena masalah dengan Fast Startup. Fast Startup membuat proses tertentu tetap berjalan sehingga Anda dapat masuk kembali dengan sangat cepat.

Namun, terkadang hal ini dapat menyebabkan bug pada driver nirkabel yang mencegah untuk menyambungkan kembali ke Wi-Fi dengan benar. Oleh karena itu, kamu dapat mematikan Fast Startup untuk mencegah masalah tersebut.

Cari Power Option pada bilah pencarian Windows 10 atau Windows 11 pada perangkat kamu, dan buka Panel Kontrol. Pilih opsi “Choose What the Power Button Does” di menu sebelah kiri, lalu lihat bagian baru Pengaturan Matikan, setelah itu pastikan opsi Turn On Fast Startup tidak dipilih.

6. Terkoneksi Jaringan Wi-Fi tetapi Tidak Bisa Online

Jika kamu mengalami masalah itu, coba atur ulang router Wi-Fi dengan mencabut dan menyambungkannya kembali. Periksa lampu pada perangkat, jika simbol antena tidak berwarna hijau atau berkedip sebentar, maka router sedang offline.

Namun, apabila kamu tidak bisa mengakses internet atau tidak bisa online adalah karena ISP kemungkinan telah memotong layanan. Hal ini biasanya karena lupa membayar tagihan jasa internet secara tepat waktu. Periksa email atau kontak yang terhubung pada layanan ISP.

Selain itu juga dapat karena terjadi pemadaman di wilayah kamu, atau ada informasi bahwa ISP kamu mengalami gangguan layanan yang direncanakan. Silahkan hubungi pihak penyedia jasa internet kamu atau cek akun media sosial mereka.

Demikianlah beberapa masalah Wi-Fi yang paling sering terjadi dan cara memperbaikinya. Semoga bermanfaat.

Artikel ini telah tayang di Okezone dengan judul " Kumpulan Masalah Wi-Fi yang Paling Umum dan Cara Memperbaikinya "

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut