get app
inews
Aa Read Next : Inilah 5 Cara Mengetahui Siapa Saja yang Menggunakan WiFi Kita

6 Masalah Wi-Fi yang Paling Sering Terjadi dan Cara Memperbaikinya

Rabu, 23 November 2022 | 08:22 WIB
header img
Masalah Wi-Fi yang Paling Sering Terjadi dan Cara Memperbaikinya. Foto: Freepik

JAKARTA,  iNewsCiamisRaya.id – Sudah sejak lama Wi-Fi merupakan alat penunjang internet yang sangat dibutuhkan pada era digital sekarang ini. Agar tidak repot untuk membeli paket kuota, orang lebih memilih untuk memasang fasilitas Wi-Fi. Dan sekarang perangkat Wi-Fi pun praktis bisa dibawa kemana-mana.

Tetapi kadang-kadang Wi-Fi di rumah mendadak tidak bisa digunakan, tentunya akan membuat kamu bingung dan panik karena tidak ada koneksi internetnya sama sekali. Internet yang tidak terkoneksi pasti akan sangat mengganggu rutinitas dan pekerjaan kita.

Jika koneksi internet Wi-Fi kamu terputus, ternyata ada cara yang dapat dilakukan untuk memulihkan koneksinya dengan memecahkan beberapa masalah yang terjadi pada Wi-Fi kamu, seperti dilansir dari Digital Trends, Selasa (22/11/2022) yakni sebagai berikut.

Masalah Wi-Fi yang Paling Sering Terjadi dan Cara Memperbaikinya

1. Perangkat Tak Dapat Terhubung ke Wi-Fi

Sebagian besar dari kita harus berurusan dengan masalah biasa dan sangat mengganggu ini, di mana perangkat tidak dapat terhubung ke jaringan Wi-Fi padahal tampaknya Wi-Fi terlihat baik-baik saja tanpa ada kendala.

Coba untuk sambungkan laptop ke router secara langsung menggunakan kabel Ethernet, dan lihat apa bisa terhubung. Jika tidak, maka kabel dan koneksi internet kamu kemungkinan mati dan tidak dapat digunakan.

Kamu bisa periksa atau menghubungi ISP dan melaporkan kendala pada Wi-Fi kamu agar segera diproses atau dapat juga memeriksa melalui situs pemantauan, seperti Downdetector dan lihat pengguna saluran Wi-Fi di sekitar wilayah kamu, apakah ada yang mengalami kendala yang sama.

2. Sinyal Tak Terjangkau di Ruangan Tertentu

Wi-Fi adalah gelombang radio yang artinya router Wi-Fi dapat menyebarkan ke segala arah dari satu lokasi pusat. Jika router berada di sudut yang jauh, maka tidak dapat menjangkau banyak ke sudut-sudut ruangan tertentu.

Sebaiknya, pindahkan router Wi-Fi ke lokasi yang lebih terpusat. Semakin dekat kamu menempatkan router ke pusat area yang mudah dijangkau, semakin baik penerimaan koneksi Wi-Fi di seluruh sudut ruangan kamu.

Jika kamu memiliki antena eksternal, pastikan posisinya tidak terhalang sehingga kamu bisa mencoba menyesuaikannya, berganti posisi vertikal atau horizontal agar membantu menjangkau ke berbagai arah.

Selain itu, bisa juga sinyal Wi-Fi diganggu oleh perangkat lain, terutama apabila tinggal di gedung dengan banyak jaringan Wi-Fi.

Kamu perlu mengunduh perangkat lunak gratis, seperti NetSpot di Mac, Windows, dan Android atau Wi-Fi Analyzer agar dapat menunjukkan setiap jaringan terdekat dan saluran apa yang digunakan tetanggamu.

Jika kamu masih mengalami masalah tersebut, kamu mungkin harus mempertimbangkan untuk beralih ke saluran yang tidak terlalu padat digunakan atau menyiapkan router lama agar berfungsi sebagai sakelar jaringan sehingga memperluas jangkauan router utama Wi-Fi kamu.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
gaada
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut