get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Botol Miras Dimusnahkan di Alun-Alun Ciamis

Inilah 5 Negara Penghasil Narkoba Terbesar di Dunia, Nomor 3 Ternyata Tetangga Indonesia

Rabu, 26 Oktober 2022 | 10:26 WIB
header img
Ilustrasi Sabu-sabu. Foto: Antara

JAKARTA, iNewsCiamisRaya.id – Inilah 5 negara produsen narkoba terbesar di dunia, salah satunya ternyata negara tetangga.

Di beberapa negara ternyata narkoba menjadi bisnis yang menjanjikan. Barang haram ilegal ini justru banyak diperdagangkan dan tentunya menghasilkan pundi-pundi uang.

Di dunia berdasarkan laporan PBB UNODC, pemakai narkoba tercatat sebanyak 234 juta orang. Dan setiap tahunnya orang yang mati karena narkotika sebanyak 200.000 orang.

Berikut 5 negara produsen narkoba terbesar dunia yang dirangkum Okezone:

1. Meksiko

Meksiko merupakan salah satu dari 5 negara produsen narkoba terbesar di dunia. Meksiko juga pemasok narkoba sintetis yang banyak diminati. Narkoba sintetis ini mudah dibuat di laboratorium rumahan.

Mereka kerap beraksi sangat rapi dan profesional, sehingga sulit dideteksi dan ditangkap. Para kartel narkoba ini meraup banyak pundi-pundi dan bergelimang harta.

Data menunjukan polisi di Amerika Serikat menggerebek 12.000 laboratorium semacam itu dan menyita sekitar 80 persen dari 144 ton Meth yang berhasil disita di seluruh dunia.

2. Afghanistan

Afghanistan merupakan produsen opium terbesar sedunia yakni antara 5.000 hingga 6.000 ton opium mentah per tahun nantinya akan berubah menjadi heroin.

Setelah penarikan tentara NATO tahun silam ladang poppy di Afghanistan bertambah 40 persen menjadi seluruhnya 210.00 hektare. Pasar terbesar opium dari Afghanistan adalah Amerika Serikat dan Asia.

Saat ini dikabarkan CPharm International (ECI), sebuah perusahaan penelitian dan pengembangan di Jerman, mengatakan pihaknya merencanakan investasi jutaan dolar di Afghanistan yang dikuasai Taliban, dengan tujuan memproduksi ganja untuk tujuan medis.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Ciamisraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut