Dukung Ketahanan Pangan, Warga Binaan Lapas Banjar Ikuti Pembinaan Budidaya Maggot

Budiana Martin
Dukung ketahanan pangan, warga binaan Lapas Banjar ikuti pembinaan budidaya maggot. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Budiana Martin

BANJAR, iNewsCiamisRaya.id - Dalam upaya mendukung ketahanan pangan dan meningkatkan keterampilan warga binaan, Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Banjar, Jawa Barat, menggelar program pembinaan budidaya maggot.

Menurut Kepala Lapas Banjar, Amico Balalembang, program ini menjadi salah satu solusi inovatif untuk memenuhi kebutuhan pakan alternatif yang kaya protein, sekaligus membekali warga binaan dengan keterampilan baru yang bermanfaat bagi kehidupan mereka setelah bebas.

Sebanyak 20 orang Warga Binaan mengikuti kegiatan Pembinaan budidaya maggot yang dilaksanakan selama dua belas hari. Program Pembinaan budidaya maggot ini bekerja sama antara Lapas Kelas IIB Banjar dengan Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjar.

Budidaya maggot, larva dari lalat Black Soldier Fly (BSF), dipilih karena kemampuannya dalam mendaur ulang limbah organik dan menjadi pakan ternak, seperti unggas dan ikan yang merupakan salah satu bahan pangan.

"Pelatihan ini meliputi berbagai teknik pengelolaan, mulai dari pengenalan siklus hidup maggot, teknik pemeliharaan, hingga cara mengolahnya menjadi produk bernilai jual," katanya, Jumat (25/10/2024).

Editor : Asep Juhariyono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network