Jelang Kematian, Ini 6 Fenomena yang Dialami Seseorang

Rizky Bani Yusna/Eni Pepin Lusiani
Fenomena menjelang kematian seseorang. Foto: Ilustrasi/Freepik

JAKARTA, iNewsCiamisRaya.id - Kematian sering kali menjadi topik yang sulit untuk dibicarakan, terutama ketika kita harus menghadapi kenyataan bahwa orang yang kita cintai sedang berjuang di ambang kehidupan dan kematian.

Namun Julie McFadden, seorang perawat paliatif berpengalaman, menjelaskan bahwa ada beberapa fenomena yang sering terjadi sebelum seseorang meninggal. Fenomena ini bisa menjadi tanda-tanda bahwa akhir kehidupan sudah dekat.

Fenomena-fenomena tersebut memang tidak selalu terjadi pada setiap orang, namun cukup umum sehingga bisa dikenali oleh keluarga atau perawat yang mendampingi.

Setiap orang memiliki pengalaman unik dalam menghadapi akhir hidupnya, dan gejala-gejala tersebut bisa muncul dalam bentuk yang berbeda atau dengan intensitas yang bervariasi.

Lantas, apa saja fenomena menjelang kematian seseorang? Berikut artikelnya yang dirangkum dari Metro.co, Jumat (6/9/2024).

Fenomena Menjelang Kematian Seseorang

1. Tatapan Kematian

Tatapan kematian atau “death stare” adalah momen saat seseorang yang mendekati ajal menatap ke satu arah di ruangan dengan pandangan kosong, seolah-olah sedang memusatkan perhatian pada sesuatu yang tidak bisa dilihat oleh orang lain. Meskipun orang tersebut tampaknya sadar, mereka tidak merespon ketika dipanggil. Ini sering menjadi tanda bahwa kematian semakin dekat.

2. Kejernihan Terminal

Fenomena ini sering disebut sebagai atau “terminal lucidity”, di mana seseorang yang sangat sakit atau lemah tiba-tiba mendapatkan kembali energi atau kejernihan mental dalam waktu singkat, membuat mereka tampak seperti sudah sehat kembali. Namun, kenyataannya keadaan ini berjalan dalam waktu yang singkat, membuat keluarga berfikir bahwa orang tersebut telah membaik, padahal justru sebaliknya.

Editor : Asep Juhariyono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network